kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medicago akan suplai 76 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Kanada


Sabtu, 31 Oktober 2020 / 14:55 WIB
Medicago akan suplai 76 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Kanada
ILUSTRASI. Vaksin Covid-19


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - LAUSANNE. Medicago, perusahaan biofarmasi yang berkantor pusat di Quebec, Kanada mengumumkan bahwa telah mencapai kesepakatan dengan Public Services and Procurement Canada (PSPC) untuk memasok 76 juta dosis vaksin Covid-19.

Medicago juga akan menerima pendanaan sebesar C$ 173 juta (US$ 131 juta) untuk pengembangan vaksin dan uji klinis dan pembangunan fasilitas manufaktur di Kota Quebec.

"Kami bangga dapat berkontribusi untuk negara lewat pasokan vaksin buatan dalam negeri. Kami juga berterima kasih kepada pemerintah Kanada yang telah mempercayai Medicago," ujar Dr. Bruce Clark, President and CEO of Medicago seperti dikutip dari Newswire.com, Jumat (30/10).

Baca Juga: Mulai kewalahan, Uni Eropa berlakukan sistem transfer pasien Covid-19 antarnegara

Medicago telah memulai pengujian vaksin Fase 1 pada sukarelawan pada 14 Juli 2020 lalu. Dengan adanya kesepakatan ini, Medicago akan melakukan uji Fase 2 pada awal November 2020. Dan jika uji coba Fase 2 berhasil, uji coba Fase 3 diharapkan akan dimulai pada Desember 2020.

Medicago merupakan perusahaan yang fokus pada penggunaan teknologi nabati untuk pengembangan vaksin. Perusahaan ini sebelumnya telah menghasilkan kandidat vaksin melawan H1N1 (flu babi) dalam beberapa minggu.

Perusahaan juga menggunakan teknologinya itu untuk mengembangkan antibodi terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Antibodi ini berpotensi digunakan untuk mengobati orang yang terinfeksi virus Covid-19.

Saat ini pemegang saham mayoritas Medicago adalah Mitsubishi Tanabe Pharma Corporation, Jepang. Sedangkan sekitar sepertiga saham Medicago di genggam oleh Philip Morris Investments B.V. (PMIBV), anak perusahaan Philip Morris International yang juga merupakan afiliasi PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna).

Baca Juga: Otoritas Korsel: Sejumlah vaksin flu salah penanganan selama penyimpanan

“Kami menyambut baik kolaborasi yang diumumkan antara dua departemen pemerintah Kanada dan Medicago untuk mempercepat upayanya melawan Covid-19,” kata CEO Philip Morris International André Calantzopoulos, seperti dikutip dari businesswire.com.

Menurut Andre, hasil yang lebih baik akan dapat dicapai ketika pemerintah dan perusahaan bergabung dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama demi kebaikan yang lebih besar.

“Kami senang dapat mendukung pekerjaan Medicago untuk mengembangkan, memperkuat, memproduksi, dan menyediakan kandidat vaksin Covid-19,” ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×