kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melambung di tengah epidemik HIV/AIDS (2)


Jumat, 27 September 2019 / 17:55 WIB
Melambung di tengah epidemik HIV/AIDS (2)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Lim merupakan pria penuh perhitungan. Dia berani menginvestasikan seluruh tabungannya untuk merintis bisnis sarung tangan karet pada tahun 1991. Langkah itu setelah melakukan melakukan penelitian cukup lama dan mempelajari pasar. Dia tidak asal mengambil keputusan. Dengan persiapan matang disertai dengan kerja keras dan pantang menyerah, akhirnya Lim berhasil membawa perusahaan manufaktur kecil jadi perusahaan multinasional.

Lim Wee Chai sukses membangun perusahaan pembuat sarung tangan karet di bawah bendera Top Glove dari nol hingga menjadi perusahaan multinasional berkat prinsip kerja keras dan pantang menyerah.

Top Glove saat ini tercatat sebagai produsen sarung tangan terbesar di dunia dan menguasai 25% pangsa pasar global. Perusahaan ini sudah memiliki 40 pabrik yang tersebar di Malaysia, Thailand, dan China dengan kapasitas produksi 60,5 miliar lembar per tahun, serta memiliki kantor penjualan di AS dan Jerman.

Tumbuh di kota kecil Titi di Negeri Sembilan Malaysia, Lim kecil sebetulnya sudah tertarik terhadap karet. Kebetulan orangtuanya memiliki perkebunan karet dan terlibat bisnis perdagangan karet.

Anak kedua dari enam bersaudara ini sering membantu orangtuanya dengan bisnis perdagangan karet seusai pulang sekolah atau di kala libur. Lim termasuk orang yang pintar dan lihai menyeimbangkan antara sekolah dengan bekerja.

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah, Lim melanjutkan sekolah atas di TAR College, Kuala Lumpur. Di sanalah dia bertemu istrinya, Puan Sri Tong Siew Bee. Setelah itu, dia melanjutkan perkuliahan di Teknik Fisika Universitas Malaya dan lulus pada tahun 1982.

Pasca-lulus sarjana, Lim lantas bekerja sebagai eksekutif penjualan selama dua tahun dan tiga tahun sebagai manajer penjualan di anak usaha Oyl Industries Group. Di situ, pria kelahiran 7 Januari 1958 ini ditempa lebih tangguh karena harus bekerja mengejar target.




TERBARU

[X]
×