kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menaikkan penawaran, Bayer tambah utang


Senin, 30 Mei 2016 / 14:45 WIB
Menaikkan penawaran, Bayer tambah utang


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Adi Wikanto

Leverkusen. Bayer AG masih belum menyerah untuk mendapatkan Monsanto Corporation. Setelah penawaran akuisisi jumbo senilai US$ 62 miliar ditolak Monsanto, perusahaan kimia dan farmasi Jerman tersebut berniat menyodorkan penawaran baru dengan nilai lebih fantastis.

Terlebih, Monsanto, perusahaan benih dan bahan kimia pertanian terbesar dunia asal Amerika Serikat (AS), masih membuka pintu negosiasi. Belum disebut nilai penawaran terbaru yang akan diajukan Bayer.

Namun, sumber-sumber Bloomberg yang mengetahui transaksi ini mengatakan, Bayer kemungkinan akan menaikkan pinjaman talangan jangka pendek (bridging loan) hingga lebih dari US$ 40 miliar untuk mendanai akuisisi tersebut. Sejumlah bank pun sudah siap menyediakan pembiayaan tambahan bagi Bayer jika diperlukan untuk menaikkan nilai penawaran akuisisi Monsanto.

Bahkan, Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) pun berpeluang membantu pendanaan Bayer untuk akuisisi Monsanto. Ini sesuai ketentuan program pembelian obligasi ECB. Di aturan main tersebut disebut bahwa ECB bisa membeli obligasi korporasi bukan bank yang berbasis di kawasan Uni Eropa asal memiliki peringkat investment grade dan diterbitkan dalam mata uang euro.

Lebih rinci, dua sumber yang tahu soal ini menyebut, sejumlah bank telah menawarkan bridging loan sebesar US$ 40 miliar hingga US$ 50 miliar ke Bayer. Tak hanya itu, Bayer pun mempertimbangkan menjual obligasi konversi senilai US$ 2 miliar-US$ 3 miliar. Bank of America dan Credit Suisse Group disebut-sebut menjadi penasihat keuangan dalam penggalangan pinjaman tersebut.

Kepastian pendanaan ini bisa jadi bakal meredakan kekhawatiran pihak Monsanto soal amunisi pendanaan yang dimiliki Bayer. Dus, negosiasi akuisisi pun bisa berlanjut.

Bila terwujud, akuisisi ini akan menjadi yang terbesar pada tahun ini sekaligus akuisisi jumbo yang pernah dilakukan perusahaan Jerman. "Bayer kemungkinan akan menyodorkan penawaran yang lebih tinggi," kata Jonas Oxgaard, Analyst Sanford C. Bernstein & Co. di New York. Seorang jurubicara Bayer menolak berkomentar soal ini.

Rating turun

Lantaran pendanaan akuisisi Monsanto bersumber dari utang, lembaga pemeringkat akan memangkas rating Bayer. Moody Investors Service kemungkinan akan menurunkan peringkat utang Bayer dari saat ini di level triple A (A3). Fitch Rating juga menyatakan kemungkinan akan menggunting peringkat produsen obat aspirin ini dari A menjadi BBB atau di bawah level investment grade.

Laba Bayer pada kuartal I 2016 lalu naik 15,7% dibandingkan periode sama 2015 menjadi € 3,4 miliar atau setara US$ 3,8 miliar. Pada tahun ini, Bayer memperkirakan, total penjualan  mencapai US$ 35 miliar naik dari tahun 2015 yang sebesar US$ 34,3 miliar.   




TERBARU

[X]
×