kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menarik! Lockdown, Vietnam salurkan makanan pokok ke warga miskin lewat ATM Beras


Selasa, 14 April 2020 / 04:46 WIB
Menarik! Lockdown, Vietnam salurkan makanan pokok ke warga miskin lewat ATM Beras


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HANOI. Pengusaha Vietnam di Kota Ho Chi Minh telah menciptakan mesin pengeluaran otomatis 24/7 (ATM) yang menyediakan beras gratis bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan menyusul penguncian nasional yang sedang berlangsung untuk mengekang penyebaran virus corona baru.

Melansir Reuters, Vietnam telah melaporkan 262 kasus COVID-19, dan sejauh ini tidak ada kematian. Akan tetapi, sebagai hasil dari program jarak sosial selama 15 hari yang dimulai pada 31 Maret, banyak usaha kecil tutup dan ribuan orang diberhentikan sementara dari pekerjaan.

Suami Nguyen Thi Ly termasuk di antara mereka yang kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: Apa rahasia di balik kesuksesan Vietnam menahan penularan corona? Ini bocorannya

"ATM beras ini sangat membantu. Dengan satu kantong beras ini, kita dapat memiliki cukup untuk satu hari," kata ibu tiga anak berusia 34 tahun. "Sekarang, kita hanya perlu makanan lain. Tetangga kita terkadang memberi kita makanan sisa, atau kita punya mie instan."

Mesin tersebut mendistribusikan sekarung beras seberat 1,5 kg dari satu silo kecil kepada para pekerja yang menanti berakhirnya lockdown. Banyak di antaranya adalah penjual jalanan atau orang-orang yang mencari nafkah dari pekerjaan dengan bayaran tunai seperti mengurus rumah atau menjual tiket lotre.

Hoang Tuan Anh, pengusaha di balik gagasan itu, awalnya menyumbangkan sejumlah bel pintu cerdas ke rumah sakit di Kota Ho Chi Minh sebelum mengalihkan keahlian teknologinya ke distribusi makanan.

Baca Juga: Keren, Vietnam sumbang 550.000 masker ke lima negara Eropa

Menurut media pemerintah, 'ATM beras' yang serupa telah didirikan di kota-kota besar lainnya seperti Hanoi, Hue dan Danang.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×