kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Menerka Alasan Warren Buffett Jual 510 Juta Saham Apple


Senin, 12 Agustus 2024 / 15:16 WIB
Menerka Alasan Warren Buffett Jual 510 Juta Saham Apple
ILUSTRASI. Buffett telah menjual sekitar 510 juta saham Apple. REUTERS/Rick Wilking/File Photo


Sumber: Fortune | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada kuartal pertama tahun 2024, Warren Buffett membuat langkah besar dengan mengurangi secara drastis kepemilikan saham Apple-nya, salah satu aksi penjualan paling terkenal yang dilakukan oleh investor ternama dalam beberapa tahun terakhir.

Selama dua kuartal terakhir, Berkshire Hathaway, perusahaan investasi milik Buffett, telah menjual sekitar 510 juta saham Apple, mengurangi kepemilikannya sekitar 56%.

Ukuran dan kecepatan aksi ini menimbulkan spekulasi bahwa optimisme Buffett terhadap saham Apple telah memudar setelah kenaikan yang luar biasa selama tujuh tahun terakhir, sebuah lonjakan yang Buffett manfaatkan dengan sangat baik.

Meskipun mengurangi kepemilikan secara besar-besaran, Apple tetap menjadi kepemilikan saham terbesar Berkshire, mencakup 41% dari portofolio konglomerat tersebut. Pada rapat tahunan di bulan Mei, kekaguman Buffett terhadap Apple tampak tidak berkurang.

Ia menyatakan bahwa dua investasinya yang telah lama dihargai, Coca-Cola dan American Express, adalah bisnis yang "hebat," namun Apple disebutnya sebagai yang "lebih baik."

Baca Juga: Warren Buffett Beberkan Hal yang Bisa Bikin Hidup Anda Hancur dalam 5 Menit

Alasan di Balik Pengurangan Saham

Buffett tidak mengungkapkan alasan mengapa ia melepaskan sebagian besar saham Apple-nya, dan kita tidak tahu apakah ke depannya ia akan tetap mempertahankan posisi besar di perusahaan yang masih merupakan perusahaan paling berharga di dunia.

Yang jelas, secara keseluruhan, ia mengambil posisi yang jauh lebih defensif di pasar yang mahal. Berkshire telah menjual saham senilai US$90 miliar pada paruh pertama tahun 2024, dengan penjualan saham Apple menyumbang sebagian besar dari hasil tersebut.

Aksi penjualan ini meningkatkan kas Berkshire dari rekor sebelumnya sebesar US$189 miliar pada akhir kuartal pertama menjadi US$278 miliar. Seperti yang diungkapkan dalam laporan 10Q,

Berkshire semakin memperbesar kasnya pada bulan Juli dengan menjual sekitar US$4 miliar saham Bank of America, yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi kepemilikan terbesar keduanya, dan saham yang seperti Apple, dibeli Buffett dengan harga murah yang terbukti sangat menguntungkan.

Buffett kini telah mengumpulkan banyak kas ekstra untuk diinvestasikan ke pilihan yang terpuruk namun menarik seperti halnya Apple atau Bank of America beberapa tahun lalu.

Strategi "Menjual Saat Tinggi"

Sulit menemukan kasus "menjual saat tinggi" yang lebih baik daripada langkah Buffett dengan Apple. Melihat pergerakan keuntungan dan valuasi Apple, jelas bahwa saham tersebut telah beralih dari harga murah (PE 16) saat dibeli Buffett menjadi sangat mahal (PE 32) pada saat ia mulai mengambil keuntungan secara besar-besaran.

Harga saham Apple telah mencapai puncak yang sangat tinggi sehingga para pemegang saham saat ini, atau mereka yang membeli sekarang, memiliki sedikit peluang untuk mendapatkan pengembalian dua digit dalam beberapa tahun ke depan.

Dan valuasi yang saat ini sangat tinggi berarti bahwa koreksi besar jauh lebih mungkin terjadi sekarang dibandingkan sebelum pandemi, ketika Apple dihargai sepertiga dari harga saat ini.

Baca Juga: Mau Kaya dan Bahagia Seperti Warren Buffett? Ini Caranya

Namun menariknya, Buffett tidak menjual pada harga puncak saham Apple. Saham tersebut ditutup pada harga US$211 pada akhir kuartal kedua, periode penjualan Berkshire, sebelum naik 12% ke rekor US$235 pada 16 Juli.

Sejak saat itu, Apple terjebak dalam kekacauan yang melanda Magnificent Seven, sebuah pukulan yang per 8 Agustus, mengembalikan saham ke harga US$211 di mana ia memulai kuartal tersebut. Berita tentang penjualan oleh Berkshire tiga hari sebelumnya menjadi kontributor besar bagi penurunan saham Apple.

Namun, Apple tidak menjadi korban dari kinerja yang buruk, melainkan ekspektasi yang terlalu tinggi dan antusiasme berlebihan dari pasar. Buffett melihat pada tahun 2016 bahwa prospek Apple terlalu suram, dan membuat salah satu taruhan terbesar dalam karirnya.

Sangat masuk akal untuk mengambil sebagian besar keuntungan yang luar biasa tersebut, dan mengurangi dampak jika, seperti yang kemungkinan besar terjadi, para penggemar Apple mengharapkan terlalu banyak.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×