kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengejutkan! Bank Sentral Rusia Kerek Suku Bunga Acuan Jadi 8,5%


Sabtu, 22 Juli 2023 / 14:29 WIB
Mengejutkan! Bank Sentral Rusia Kerek Suku Bunga Acuan Jadi 8,5%
Bendera nasional berkibar di atas kantor pusat Bank Sentral Rusia di Moskow, Rusia 27 Mei 2022. Mengejutkan! Bank Sentral Rusia Kerek Suku Bunga Acuan Menjadi 8,5%.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  MOSKOW. Bank sentral Rusia pada Jumat (21/7) menaikkan suku bunga utamanya sebesar 100 basis poin menjadi 8,5%, melebihi perkiraan sebelumnya. 

Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap tekanan inflasi yang meningkat akibat rubel yang melemah, pasar tenaga kerja yang ketat, dan permintaan konsumen yang kuat.

Tindakan ini merupakan kenaikan suku bunga pertama dalam lebih dari setahun, setelah bank sentral secara bertahap membalikkan kenaikan darurat 20% pada Februari tahun lalu, yang diambil setelah Rusia terlibat dalam konflik militer dengan Ukraina.

Baca Juga: Dolar AS Masih Jadi Mata Uang Dunia Terkemuka, Tapi Tak Lagi Dominan

Kenaikan suku bunga terakhir sebelumnya, yaitu pemotongan menjadi 7,5%, dilakukan pada bulan September.

Bank sentral menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "risiko pro-inflasi telah meningkat secara signifikan dalam jangka menengah." Penyebabnya adalah kenaikan permintaan domestik yang melebihi kapasitas produksi, termasuk terbatasnya ketersediaan sumber daya tenaga kerja.

Kondisi ini memperkuat tekanan inflasi yang terus-menerus. Selain itu, depresiasi rubel juga meningkatkan risiko pro-inflasi.

Sebagai akibat dari situasi ini, bank sentral meningkatkan perkiraan inflasi untuk akhir tahun menjadi 5,0-6,5% dari sebelumnya 4,5-6,5%, dan membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut pada pertemuan mendatang.

Keputusan bank sentral ini mengejutkan para analis yang sebelumnya memperkirakan kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin. Namun, beberapa analis telah merevisi perkiraan mereka dalam beberapa hari terakhir setelah data inflasi menunjukkan lonjakan ekspektasi inflasi rumah tangga dan percepatan harga konsumen mingguan di Rusia.

Baca Juga: China Terus Melakukan De-dolarisasi, Ini Buktinya

William Jackson, Kepala Ekonom Pasar Berkembang di Capital Economics, mengatakan bahwa kenaikan suku bunga yang jauh lebih besar dari perkiraan mencerminkan kekhawatiran pembuat kebijakan tentang risiko inflasi. Dia juga memperkirakan kemungkinan setidaknya kenaikan suku bunga sebesar 100 basis poin lagi sebelum akhir tahun.

Meskipun inflasi tahunan turun di bawah target bank sebesar 4% dalam beberapa bulan terakhir, yaitu mencapai 3,86%, kementerian ekonomi mengindikasikan bahwa inflasi kembali meningkat. 

Gubernur bank sentral, Elvira Nabiullina, menyatakan bahwa tekanan inflasi terutama disebabkan oleh meningkatnya permintaan, khususnya pada sektor pariwisata domestik dan produksi mobil, di mana pasokan tidak dapat memenuhi permintaan. 

Selain itu, permintaan yang tinggi juga mendorong impor lebih tinggi, yang berdampak pada pelemahan rubel karena turunnya ekspor.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Kembali Turun, Ada Potensi Menuju Level US$ 1.850

Kepala Ekonom Alfa Bank, Natalia Orlova, berpendapat bahwa kenaikan suku bunga ini tampaknya merupakan reaksi terhadap situasi di pasar mata uang, mengingat tekanan inflasi yang telah terlihat sebelumnya pada pertemuan bank sentral sebelumnya pada 9 Juni.

Serangan terhadap infrastruktur Rusia dan pemberontakan bersenjata yang gagal oleh kelompok tentara bayaran Wagner pada akhir Juni telah meningkatkan tekanan terhadap rubel dan situasi ekonomi secara keseluruhan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×