kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mengekor pelonggaran moneter global, Korea Selatan gunting suku bunga acuan


Rabu, 16 Oktober 2019 / 09:04 WIB

Mengekor pelonggaran moneter global, Korea Selatan gunting suku bunga acuan
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A South Korea won note is seen in this illustration photo May 31, 2017. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Bank sentral Korea Selatan memangkas suku bunga acuan untuk kedua kalinya dalam tiga bulan terakhir pada Rabu (16/10). Langkah ini sudah diprediksi sebelumnya oleh analis yang disurvei Reuters. Pemangkasan suku bunga ditujukan untuk mendukung perlambatan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi tekanan deflasi yang meningkat.

Melansir Reuters, Bank of Korea (BOK) memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 1,25%. Gubernur BOK Lee Ju-yeol akan mengadakan konferensi pers mulai pukul 0220 GMT.

Baca Juga: Bursa jual beli kripto asal Korea masuk ke Indonesia

Langkah BOK ini mengikuti pelonggaran Juli dan sejalan dengan perkiraan hasil survei Reuters terhadap 31 analis. Suku bunga acuan baru ini merupakan rekor terendah seperti yang terjadi pada akhir 2017 lalu. 

Pasar keuangan lokal menunjukkan tak banyak menunjukkan reaksi terhadap keputusan BOK ini.

"Kami melihat penurunan suku bunga lebih lanjut, mungkin antara Januari dan Februari tahun depan, karena pertumbuhan ekonomi Korea Selatan belum akan naik dalam waktu dekat," kata Kong Dong-rak, fixed income strategist Daishin Securities.

Baca Juga: Kim Jong Un mengawasi uji peluncuran roket berganda super besar

Kebijakan BOK diambil di tengah gelombang pelonggaran moneter secara global, termasuk oleh Federal Reserve AS, karena ekonomi dunia tengah kehilangan tenaganya. The Fed diperkirakan akan melakukan penurunan suku bunga ketiga kalinya tahun ini pada akhir Oktober.


Sumber : Reuters
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
×