kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mentor bisnis Steve Jobs yang juga sukses menggarap bisnis hiburan (4)


Senin, 20 Mei 2019 / 09:05 WIB
Mentor bisnis Steve Jobs yang juga sukses menggarap bisnis hiburan (4)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tri Adi

Sukses di bisnis tambang tak membuat Robert Martin Friedland ini berpuas diri. Ia mendirikan perusahaan yang bergerak di bisnis hiburan film. Salah satu karyanya adalah film Crazy Rich Asians. Ia juga ikut mencoba peruntungan membuat film serial India. Sebagai miliarder, Friedland tak mau kalah dalam urusan barang koleksi. Tak main-main, Friedland memiliki koleksi jet pesawat dan yacht. Semuanya menjadi bagian dari menghargai usahanya selama ini.

Sukses memiliki bisnis pertambangan di berbagai benua tidak membuat Robert Martin Friedland berpuas diri. Ia terus mencari peluang bisnis di bidang lain.

Salah satu yang digarap Friedland adalah bisnis hiburan. Pada November 2013, Ia membentuk Ivanhoe Pictures sebagai anak perusahaan Ivanhoe Mines Ltd. Perusahaan ini akan membiayai dan memproduksi film bioskop dan serial televisi.

Ivanhoe Pictures ini merupakan perusahaan patungan antara Friedland dengan Fox International Production. Ia mengalokasikan dana sebesar US$ 130 juta di perusahaan patungan tersebut.

Ivanhoe Pictures membidik pasar Amerika dan Asia. Di Asia taipan tambang ini fokus pada pasar China, India, Korea, dan Jepang. Salah satu karya terbaik dari anak perusahaan Friedland ini ikut membiayai film terkenal Crazy Rich Asians. "Crazy Rich Asians adalah salah satu film komedi romantis terlaris, yang menunjukkan gaya hidup mewah keluarga muda ultra kaya," ujar Friedland mengutip BusinessToday.

Selain itu, pada tahun 2019 ini Ivanhoe Pictures tengah menggarap film baru dan serial untuk pasar di India. Friedland mengatakan perusahaannya telah bermitra dengan Netflix meluncurkan seri yang terinspirasi Nirbhaya Delhi Crime. Ia menyebut film ini berkelas internasional yang akan diproduksi oleh Golden Karavan dan Ivanhoe Pictures.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata dari kasus pelecehan seorang wanita muda pada Desember 2012 di Delhi. Serial ini, sudah tersedia di Netflix pada 22 Maret lalu, dibintangi Shefali Shah, Adil Hussain, Denzil Smith, Rasika Dugal, Rajesh Tailang dan Yashaswini Dayama.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×