kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski Ada Kemajuan dalam Menurunkan Inflasi, The Fed Tidak Buru-Buru Pangkas Bunga


Sabtu, 10 Februari 2024 / 06:57 WIB
Meski Ada Kemajuan dalam Menurunkan Inflasi, The Fed Tidak Buru-Buru Pangkas Bunga
ILUSTRASI. Presiden Federal Reserve Bank Dallas Lorie Logan mengatakan The Fed tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga, dan meskipun ada "kemajuan luar biasa" dalam menurunkan inflasi.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  TEXAS. Sinyal penurunan bunga The Fed dalam waktu dekat memudar. Presiden Federal Reserve Bank Dallas Lorie Logan mengatakan The Fed tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga, dan meskipun ada "kemajuan luar biasa" dalam menurunkan inflasi.

Ia ingin lebih banyak data untuk mengonfirmasi kemajuannya lebih tahan lama.

“Risiko yang saya lihat dalam perekonomian menjadi lebih seimbang, namun menurut saya kita perlu meluangkan waktu untuk terus melihat datanya,” kata Logan pada Tarrant Transportation Summit di Hurst, Texas, Jumat (9/2).

Baca Juga: Indeks Wall Street: S&P 500 Tembus Level 5.000, Nasdaq Naik 1,25%, Dow Tergelincir

Logan mengatakan bahwa dia mendukung keputusan The Fed bulan lalu yang mempertahankan suku bunga kebijakannya pada kisaran 5,25%-5,5%, bahkan ketika Ketua The Fed Jerome Powell memberi isyarat bahwa penurunan suku bunga kemungkinan besar akan terjadi pada akhir tahun ini.

“Saya benar-benar tidak melihat adanya urgensi untuk melakukan penyesuaian tambahan saat ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa pasar tenaga kerja masih ketat.

Ia ingin membangun kepercayaan apakah kemajuan yang terlihat dalam inflasi akan berkelanjutan dalam jangka menengah.

Banyak rekan Logan – termasuk rekan-rekannya yang hawkish seperti Presiden Fed Richmond Thomas Barkin dan Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic yang lebih dovish – menyatakan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menurunkan inflasi.

Inflasi berada pada sasaran The Fed sebesar 2% yang diukur dalam basis tahunan enam bulan, dan bahkan secara tahunan berada di bawah 3%.

“Saya pikir kita berada dalam posisi yang baik,” kata Logan.

Baca Juga: Harga Emas Memudar di Akhir Pekan, Terpukul Penguatan Dolar AS

Namun, kata Logan,  ada risiko, termasuk potensi tekanan geopolitik atau masalah rantai pasokan baru yang menghambat atau membalikkan kemajuan inflasi.

Logan mengatakan penyusutan neraca The Fed yang sedang berlangsung telah berjalan dengan baik. Namun, dia tidak memberikan rincian apa pun.




TERBARU

[X]
×