kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45853,62   -8,83   -1.02%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Miliarder Hong Kong, Lee yang disebut raja saus tiram meninggal pada usia 91 tahun


Rabu, 28 Juli 2021 / 16:49 WIB
Miliarder Hong Kong, Lee yang disebut raja saus tiram meninggal pada usia 91 tahun
ILUSTRASI. Miliarder Lee Man Tat asal Hong Kong.

Sumber: The Star | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  HONG KONG. Miliarder asal Hong Kong,  Lee Man Tat, yang dijuluki 'raja saus tiram' karena perannya sebagai ketua pembuat bumbu ala Cina Lee Kum Kee Group, telah meninggal. Dia berusia 91 tahun.

Lee meninggal pada Senin (26 Juli), menurut pernyataan di akun WeChat Infinitus, sebuah perusahaan produk kesehatan yang diketuai oleh salah satu putranya. 

Mengutip The Star, Lee memiliki kekayaan US$ 17,6 miliar atau setara Rp 254,32 triliun (kurs Rp 14.450) , menurut Bloomberg Billionaires Index.

Perusahaan yang berbasis di Hong Kong ini didirikan oleh kakeknya, Lee Kum Sheung, pada tahun 1888. Sekarang perusahaan tersebut menjual lebih dari 200 saus dan bumbu di lebih dari 100 negara, menurut situs webnya.

Baca Juga: Jack Ma sekarang jarang muncul ke publik, ini kesibukan terbarunya

Keluarga itu juga memiliki properti di London, Hong Kong, dan China daratan, termasuk gedung Walkie Talkie yang ikonik di ibu kota Inggris, yang mereka beli seharga 1,3 miliar pound (US$ 1,8 miliar) pada 2017.

Lee pertama kali memimpin hampir lima dekade lalu. Setelah menyelesaikan perselisihan dengan pamannya, dia memberikan ekuitas saudaranya dan mengundangnya untuk membantu memimpin perusahaan. 

Tetapi visi perusahaan mereka menyimpang pada 1980-an dan Lee akhirnya mendapatkan kembali kepemilikan penuh, menurut sebuah studi kasus oleh Center for Family Enterprises di Kellogg School of Management di Northwestern University pada 2016.

Anak-anak Lee bergabung dengan bisnis ini setelah mendapatkan pendidikan di AS, termasuk dalam ilmu makanan, teknik kimia, pemasaran, dan keuangan. Bisnis saus utama grup sekarang dipimpin oleh putra Lee, Charlie.

Selanjutnya: Bikin Masakan Jamur & Tahu Geprek, Gampang Buatnya, Enak Rasanya

 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×