kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Miliarder yang membangun bisnis saat berumur 46 tahun (2)


Jumat, 20 September 2019 / 11:35 WIB

Miliarder yang membangun bisnis saat berumur 46 tahun (2)

KONTAN.CO.ID - Sejak muda David Duffield memang senang dengan dunia komputer. Ia pun berhasil masuk ke perusahaan komputer terkenal IBM. Namun ia masih tetap tak puas diri. Di saat umur menginjak 46 tahun, Duffield membuat perusahaan software sendiri. Hasilnya PeopleSoft perusahaan Duffield dilirik Oracle. Ia mendapatkan dana segar sekitar US$ 10,7 miliar. Bersama seorang temannya ia mendirikan perusahaan lain yang serupa hingga bisa melantai di bursa saham.

Tidak ada kata terlambat bagi setiap orang yang ingin sukses. Hal ini dibuktikan David Duffield saat sukses membuat perusahaan software.

Setelah malang melintang di dunia karier yang tidak jauh dari dunia komputer, Duffield baru mulai memberanikan diri membuat perusahaan sendiri di di usia senja. PeopleSoft dan Workday adalah dua perusahaan yang melambungkan namanya menjadi salah satu miliarder dunia.

Duffield lahir tahun 1941. Saat ini umur Duffield sudah menginjak 78 tahun. Dia mengenyam pendidikan di Universitas Cornell dan mendapat gelar Sarjana Teknik. Di kampus, dia menekuni bidang kelistrikan. Tak puas, ia juga meraih gelar Master Administrasi Bisnis di Sekolah Pascasarjana Manajemen Samuel Curtis Johnson.

Duffield memang sudah tertarik dengan dunia komputer sejak muda. Duffield sudah mulai bekerja di International Business Machines Corporation atau lebih dikenal dengan IBM. Di sana ia menjalankan jabatan sebagai insinyur sistem dan perwakilan pemasaran.

Duffield juga sempat tercatat sebagai anggota dewan eksekutif di perusahaan Longworth Management Inc. Perusahaan ini bergerak di bidang investasi dan mulai berdiri tahun 1999. Tidak hanya itu. Duffield juga berperan sebagai salah satu pendiri Information Associates yang secara khusus bergerak di dalam aplikasi untuk pasar pendidikan tinggi.

Perjalanan bisnis Duffield melesat saat dia memberanikan diri membangun PeopleSoft pada tahun 1987. Dia menduduki jabatan sebagai CEO sejak Agustus 1987 hingga Mei 1999.


Reporter: Agustinus Respati
Editor: Tri Adi

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×