kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Militer China Jadi Sorotan setelah Menteri Pertahanan Menghilang


Selasa, 19 September 2023 / 07:49 WIB
Militer China Jadi Sorotan setelah Menteri Pertahanan Menghilang
ILUSTRASI. enghilangnya Menteri Pertahanan China Li Shangfu dari hadapan publik menyoroti bagaimana hirarki Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang buram dan kompleks. Mark Cheong/The Straits Times melalui REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Para diplomat dan analis menilai, menghilangnya Menteri Pertahanan China Li Shangfu dari hadapan publik menyoroti bagaimana hirarki Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang buram dan kompleks.

Reuters melaporkan pada hari Jumat (15/9/2023), bahwa Li sedang diselidiki atas korupsi pengadaan peralatan militer selama jabatannya sebelumnya. Delapan pejabat senior lainnya juga sedang diselidiki. Nasibnya belum dijelaskan secara resmi.

Posisi Li Shangfu dalam sistem PLA

Mengutip Reuters, dalam sistem China, Menteri Pertahanan Nasional dipandang secara signifikan kurang berkuasa dibandingkan Menteri Pertahanan AS dan banyak menteri internasional yang setara.

Jabatan tersebut pada hakikatnya hanya merupakan peran diplomatik dan seremonial tanpa fungsi komando langsung.

Meski begitu, Li termasuk di antara enam pejabat militer di bawah Panglima Tertinggi Presiden Xi Jinping di Komisi Militer Pusat (CMC). Dia juga merupakan salah satu dari lima Anggota Dewan Negara, sebuah jabatan yang mengungguli menteri kabinet biasa.

Baca Juga: Menlu Jerman Sebut Xi Jinping Diktator, Ini Langkah yang Diambil China

Menurut atase militer dan para analis, Li yang merupakan seorang insinyur kedirgantaraan yang bekerja di program satelit China, dipandang sebagai teknokrat yang membantu menerapkan visi modernisasi Xi untuk PLA.

Bagaimana sistem militer China beroperasi?

PLA adalah sayap bersenjata Partai Komunis yang berkuasa dan, menurut laporan tahunan Pentagon mengenai militer Tiongkok, tidak secara langsung melayani negara tetapi berada di bawah kendali langsung partai.

Ketika Li menapaki karirnya hingga posisi saat ini, dia akan diperiksa terlebih dulu untuk memastikan bahwa dirinya benar-benar setia kepada partai dan Xi.

PLA masih mengoperasikan kader aktif komisaris politik yang mengapit rantai komando, yang bertugas memastikan loyalitas, persatuan, dan moral. Sistem komisaris tidak mempunyai persamaan yang jelas di luar militer tradisional Komunis.

Baca Juga: Jenderal Li Shangfu Menghilang, Ini Dugaan Kasus yang Membelitnya

CMC, sementara itu, adalah badan pengambil keputusan tingkat tertinggi partai mengenai masalah militer.

“Sejak menjadi Ketua CMC, Xi Jinping telah menerapkan berbagai reformasi yang mengurangi otonomi PLA dan memperkuat kontrol Partai atas militer,” demikian catatan laporan Pentagon, yang dirilis pada November 2022.

Menurut atase pertahanan asing yang mengamati PLA, hal ini menambah lapisan ketidakjelasan di luar kerahasiaan rutin militer.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×