kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Misi Mengungkap 5 Misteri Planet Jupiter, Ada Tanda Kehidupan di Planet Raksasa Ini?


Jumat, 22 Juli 2022 / 13:49 WIB
Misi Mengungkap 5 Misteri Planet Jupiter, Ada Tanda Kehidupan di Planet Raksasa Ini?
ILUSTRASI. Misteri Planet Jupiter, Ada Tanda Kehidupan di Planet Raksasa Ini?


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Misteri planet Jupiter, apakah ada tanda kehidupan di planet raksasa ini?

Beberapa misteri planet Jupiter diharapkan bisa terpecahkan menjelang peluncuran misi Jupiter Icy Moons Explorer (Juice) oleh European Space Agency (ESA).

Sebagian besar misteri dari planet raksasa ini adalah berkaitan dengan lingkungan magnetiknya, bulan yang mengitari, dan banyak rahasia lainnya.

Melansir Science Times, ESA bermaksud mengirimkan pesawat ruang angkasa untuk memeriksa cara hidup Jovian, sebutan Jupiter, di samping misi Juno dari NASA.

"Juice akan melakukan pengamatan terperinci dari planet gas raksasa dan tiga satelit besar (Jupiter), yakni Genymede, Callisto, dan Europa dengan serangkaian instrumen penginderaan jauh, geofisika," kata ESA.

Menariknya, misi Juice bisa mengungkap lima misteri Jupiter. Menurut Republic World, ESA merilis misteri Jupiter yang diharapkan terpecahkan begitu misi Juice tiba di planet raksasa ini pada 2031:

Planet Jupiter

Baca Juga: Mengenal Galaksi Bima Sakti Milky Way, Asal Usul Namanya Diambil Dari Mitologi ini

1. Bulan yang mengitari Jupiter menandakan ada kehidupan

Ketiga bulan yang mengitari Jupiter diketahui mengandung laut bawah permukaan yang besar, bahkan mungkin layak huni dan bisa dikatakan surga bagi kehidupan mikroba.

Menurut para ilmuwan, air adalah komponen penting bagi keberadaan semua bentuk kehidupan, dan tempat yang bagus untuk mencari kehidupan di luar Bumi.

2. Ganymede, satu-satunya satelit yang aktif secara magnetis di Tata Surya

Para astronom berharap, bisa mengidentifikasi sumber medan magnet aneh di Ganymede menggunakan Juice. Pesawat ruang angkasa ini akan menghabiskan delapan bulan mengorbit Ganymede, menjadikannya objek pertama yang melakukannya di luar satelit Bumi.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa Ganymede adalah satelit terbesar di tata surya, bahkan melebihi ukuran Pluto dan planet Merkurius.

Baca Juga: Hujan Meteor akan Menghiasi Langit Malam di Indonesia Akhir Juli 2022, Mau Lihat?

3. Jupiter menyimpan kehidupan di dalamnya?

Teka-teki yang terimpan di Jupiter adalah kehidupan yang belum terpecahkan. Jupiter dapat dikatakan sebagai tambang emas untuk menemukan bukti kehidupan di planet selain Bumi karena banyaknya air yang terletak di bawah cangkangnya yang beku.

Khususnya, lautan di satelit Jupiter yang secara signifikan lebih besar dari Bulan yang merupakan satelit Bumi.

4. Kemunculan aurora di Jupiter

Situs CNet menyebutkan, medan magnet Ganymede sangat kuat sehingga menyebabkan muncul di atmosfer planet Jupiter, seperti halnya medan magnet Bumi yang menyebabkan cahaya utara ketika elektron terperangkap di dalamnya.

5. Bagaimana raksasa gas ini muncul?

Dalam misi Juice, ESA akan membedah Jupiter terkait bagaimana bola gas raksasa ini muncul di tempat pertama. 

Misi Juice untuk mengulik Jupiter kabarnya akan diluncurkan dari pelabuhan antariksa di Eropa tahun depan dan tiba di Jupiter pada tahun 2031.

Terungkapnya misi Juice saat tiba nanti diharapkan dapat mencari kehidupan di luar Bumi, khususnya di Jupiter.




TERBARU

[X]
×