kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Moon dan Abe bertemu, Jepang dan Korsel ingin perbaiki hubungan


Senin, 04 November 2019 / 14:03 WIB
Moon dan Abe bertemu, Jepang dan Korsel ingin perbaiki hubungan
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berunding dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe selama pertemuan bilateral mereka di Bangkok, Thailand, 4 November 2019.

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Senin menyarankan perundingan tingkat tinggi untuk menyelesaikan pertikaian politik dan perdagangan yang semakin tajam dengan Jepang. Hal itu disampaikan Moon selama pertemuannya dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Juru Bicara Moon, Ko Ming-jung, mengatakan, kedua pemimpin telah mengadakan diskusi selama 11 menit di sela-sela pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Bangkok, Thailand.

Baca Juga: Jet tempur Korea Selatan berpatroli di atas pulau-pulau yang disengketakan Jepang

"Kedua pemimpin menegaskan kembali prinsip bahwa masalah bilateral harus diselesaikan melalui dilog," ujar Ko, merujuk pada pembicaraan tingkat kerja yang sedang berlangsung antara kementerian luar negeri kedua negara, seperti dilansir Reuters, Senin (4/11).

Ia melanjutkan, Presiden Moon menawarkan pembicaraan tingkat yang lebih tinggi bila diperlukan dan Perdana Menteri Abe menyarankan mencari resolusi melalui semua cara yang tersedia.

Pertemuan itu terjadi, ketika hubungan bilateral kedua negara merosot ke level terendah dalam beberapa dasawarsa setelah pengadilan tinggi Korea Selatan tahun lalu memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang memberikan kompensasi kepada beberapa pekerja paksa di masa perang.

Ketika pertikaian kedua negara merebak hingga ke dalam masalah perdagangan dan keamanan, Moon dan Abe belum mengadakan pertemuan puncak selama lebih dari setahun, meskipun mereka berjabat tangan di pertemuan para pemimpin Kelompok G-20 di Jepang bulan Juni lalu. 

Baca Juga: Korea Selatan ajak unifikasi, Korea Utara tembakkan dua rudal

Moon mengirim Perdana Menteri Lee Nak-yon ke Tokyo bulan lalu untuk menghadiri upacara penobatan Kaisar Naruhito dengan surat pribadi yang menyerukan upaya memperbaiki hubungan kedua negara.

 

 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×