Negara Islam-Khorasan klaim sebagai pelaku serangan roket di bandara Kabul

Senin, 30 Agustus 2021 | 23:20 WIB Sumber: Reuters
Negara Islam-Khorasan klaim sebagai pelaku serangan roket di bandara Kabul


KONTAN.CO.ID - Kelompok Negara Islam-Khorasan mengklaim sebagai pelaku serangan roket di bandara Kabul, Afghanistan, pada Senin (30 Agustus).

"Tentara kekhalifahan menargetkan bandara internasional Kabul dengan enam roket," kata Kelompok Negara Islam-Khorasan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Seorang pejabat AS mengatakan sebelumnya, pertahanan anti-rudal Amerika Serikat berhasil mencegat lima roket yang ditembakkan ke bandara Kabul pada Senin pagi.

Serangan roket itu terjadi ketika AS bergegas untuk menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan untuk mengakhiri perang terpanjangnya.

Baca Juga: Pertahanan rudal AS cegat 5 roket yang ditembakkan ke bandara Kabul

Setelah mengevakuasi sekitar 114.400 orang, termasuk warga negara asing dan Afghanistan yang dianggap "berisiko", AS dan sekutu akan menyelesaikan penarikan pasukan pada Selasa (31 Agustus).

Jumlah tentara AS di bandara Kabul telah turun di bawah 4.000 selama akhir pekan, karena keberangkatan menjadi lebih mendesak setelah serangan bom bunuh diri ISIS pada Kamis menewaskan puluhan warga Afghanistan dan 13 tentara Amerika.

Media Afghanistan menyebutkan, serangan roket Senin diluncurkan dari belakang kendaraan. Kantor berita Pajhwok melaporkan, beberapa roket menghantam berbagai bagian ibu kota Afghanistan.

Laporan awal tidak menunjukkan ada korban warga Amerika dari serangan roket terbaru, pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Reuters.

Selanjutnya: Proses penarikan pasukan AS di Afghanistan terganggu serangan roket

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru