Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.175
  • EMAS709.000 -0,56%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Occidental Petroleum tawarkan US$ 38 miliar untuk akuisisi Anadarko Petroleum

Senin, 06 Mei 2019 / 17:47 WIB

Occidental Petroleum tawarkan US$ 38 miliar untuk akuisisi Anadarko Petroleum
ILUSTRASI. Harga minyak

KONTAN.CO.ID - NEY WORK. Occidental Petroleum Corp meningkatkan penawaran akuisisi Anadarko Petroleum Corp senilai US$ 38 miliar. Tujuannya, menghapus persyaratan untuk setiap kesepakatan guna menerima persetujuan pemegang saham Occidental.

Mengutip Reuters pada Senin (6/5), langkah ini berarti pemegang saham Occidental yang menentang penawaran, termasuk T Rowe Price, tidak akan mendapatkan kesempatan untuk memilih. Ini menambah lebih banyak kepastian terhadap tawaran untuk Anadarko,.


Di lain sisi, langkah ini berisiko memancing kemarahan investor miliarder Carl Icahn, yang sumber-sumber mengatakan telah mengumpulkan saham di Occidental untuk menantang tawaran Anadarko tersebut.

Occidental berusaha meyakinkan Anadarko untuk menerima tawarannya dan mengabaikan penjualan US$ 33 miliar yang telah disepakati kepada Chevron Corp.

Anadarko mengkonfirmasi bahwa perusahaan menerima tawaran yang direvisi dari Occidental dan mengatakan dewannya akan meninjau proposal tersebut.

Perjanjian merger dengan Chevron masih berlaku, kata Anadarko dan menegaskan kembali rekomendasi yang ada dari kesepakatan dengan Chevron saat ini.

Sebelumnya pada hari Minggu, Total SA Perancis mengatakan telah setuju dengan Occidental untuk membeli aset Afrika Anadarko sebesar US$ 8,8 miliar, jika kedua perusahaan minyak dan gas AS itu mencapai kesepakatan merger. Ini menghilangkan risiko Occidental yang tidak dapat melepaskan aset Anadarko yang dianggapnya bukan inti dari kesepakatan.

Pada hari Selasa, Occidental juga mendapatkan investasi US$ 10 miliar dari Berkshire Hathaway Inc dari Warren Buffet dalam mendukung tawarannya untuk Anadarko. Ketentuan-ketentuan kesepakatan itu dipandang sangat menguntungkan bagi Buffett oleh para analis dan investor.

Perang penawaran untuk Anadarko menggarisbawahi nilai asetnya di Permian Basin yang menguntungkan di Texas Barat dan New Mexico. Ladang serpih yang luas memiliki cadangan minyak dan gas yang dapat menghasilkan pasokan selama beberapa dekade menggunakan teknik pengeboran berbiaya rendah.

"Dukungan finansial dari Berkshire Hathaway serta perjanjian yang kami umumkan memungkinkan kami untuk menghapus neraca kami sambil memfokuskan upaya integrasi kami pada aset yang akan memberikan nilai paling bagi kami," kata Ketua Eksekutif Occidental Vicki Hollub dalam sebuah pernyataan.

Namun, permintaan yang diajukan pada hari Kamis malam oleh penasihat Anadarko untuk tiga kursi dewan di entitas gabungan belum dikabulkan, Occidental menambahkan.

Jika tawaran Occidental dinyatakan superior oleh Anadarko, Chevron akan diberikan empat hari untuk mencocokkan penawaran Occidental, sesuai dengan ketentuan kontrak antara Chevron dan Anadarko.

Jika Anadarko meninggalkan Chevron untuk Occidental, ia harus membayar Chevron biaya pemecahan kesepakatan US$ 1 miliar.

Usulan penjualan aset Afrika Anadarko ke Total mencakup 26,5% saham dalam proyek gas alam cair Mozambik, yang bergerak lebih dekat ke keputusan investasi final, dan dipertaruhkan di dua ladang lepas pantai di Ghana.

Occidental mengatakan ini tidak memengaruhi penghematan biaya tahunan yang direncanakan US$ 2 miliar dan pengurangan modal tahunan sebesar US$ 1,5 miliar yang telah digariskan sebagai bagian dari potensi akuisisi Anadarko.

Total rencana yang sebelumnya diuraikan untuk meningkatkan dividen sebesar 10% dan membeli kembali 5 juta saham pada akhir 2020 tidak akan terpengaruh oleh kesepakatan, perusahaan Perancis mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah.

Chevron menolak untuk mengomentari langkah Occidental atau mengatakan apakah akan mengubah tawaran US$ 65 per sahamnya.

Secara terpisah, Occidental mengatakan laba kuartal pertama yang disesuaikan turun 10,9% karena harga yang lebih rendah untuk minyak mentah mengurangi pendapatan minyak dan gas.


Sumber : Reuters
Editor: Tendi
Video Pilihan

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0587 || diagnostic_web = 0.3574

Close [X]
×