OPEC+ Dikabarkan akan Pertahankan Target Produksi Minyak pada Pertemuan Desember

Minggu, 04 Desember 2022 | 05:50 WIB Sumber: Reuters
OPEC+ Dikabarkan akan Pertahankan Target Produksi Minyak pada Pertemuan Desember


KONTAN.CO.ID - LONDON. OPEC+ kemungkinan akan mempertahankan target produksi minyaknya dalam pertemuan yang akan digelar Minggu (4/12), menurut lima sumber Reuters. 

Mengutip Reuters, Minggu (4/12), OPEC+, yang terdiri dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia, membuat marah Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya pada Oktober ketika setuju untuk memangkas produksi sebesar 2 juta barel per hari (bpd), atau sekitar 2% produksi dunia, dari November hingga akhir 2023.

Washington menuduh kelompok itu dan salah satu pemimpinnya, Arab Saudi, berpihak pada Rusia meskipun ada perang Moskow di Ukraina.

Baca Juga: Harga Minyak Menguat Sepekan Jelang Rapat OPEC+ Hari Minggu Esok

OPEC+ berpendapat untuk memangkas produksi karena prospek ekonomi yang lebih lemah dan harga minyak telah turun sejak Oktober karena pertumbuhan China dan global yang lebih lambat serta suku bunga yang lebih tinggi.

Pada hari Jumat, negara-negara G7 dan Australia menyetujui batas harga US$ 60 per barel untuk minyak mentah lintas laut Rusia sebagai langkah untuk menghilangkan pendapatan Presiden Vladimir Putin sambil menjaga agar minyak Rusia tetap mengalir ke pasar global.

Moskow mengatakan tidak akan menjual minyaknya di bawah batas dan sedang menganalisis bagaimana menanggapinya.

Banyak analis dan menteri OPEC mengatakan batas harga itu membingungkan dan mungkin tidak efisien karena Moskow telah menjual sebagian besar minyaknya ke negara-negara seperti China dan India, yang menolak mengutuk perang di Ukraina.

OPEC secara virtual bertemu pada hari Sabtu tanpa sekutu seperti Rusia dan membahas sebagian besar masalah administratif, kata sumber. Para menteri tidak membahas batas harga Rusia.

Baca Juga: Oil Firm on U.S. Crude Stocks and China Optimism, OPEC+ Talks Limit Gains

Lima delegasi OPEC+ mengatakan pada hari Sabtu bahwa pertemuan OPEC+ pada hari Minggu kemungkinan akan menyetujui perpanjangan kebijakan.

Pada hari Jumat, dua sumber OPEC+ yang terpisah mengatakan pengurangan produksi lebih lanjut tidak sepenuhnya dibatalkan mengingat kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi dan permintaan.

OPEC+ memulai pembicaraan pada pukul 11.00 GMT pada hari Minggu dengan pertemuan panel penasehat Komite Pemantauan Menteri Bersama (JMMC), diikuti dengan konferensi menteri penuh. 

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru