kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,79   14,99   1.68%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pangeran Harry Resmi Jadi Warga Amerika Serikat


Rabu, 24 April 2024 / 10:30 WIB
Pangeran Harry Resmi Jadi Warga Amerika Serikat
ILUSTRASI. Pangeran Harry, putra Raja Charles III, secara resmi mengonfirmasi bahwa ia kini menjadi penduduk Amerika Serikat. REUTERS/Hannah McKay/Pool


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pangeran Harry, putra Raja Charles III, secara resmi mengonfirmasi bahwa ia kini menjadi penduduk Amerika Serikat.

Hal ini hanya berselang empat tahun setelah Harry dan istrinya, Meghan Markle, pindah ke sebuah vila di California Selatan, AS.

Menurut laporan The Guardian, perusahaan yang biasa mengurus dokumen perjalanan Pangeran Harry mengajukan dokumen yang memberitahukan otoritas Inggris pada pekan ini bahwa sang pangeran telah pindah dan kini "biasanya tinggal" di Amerika Serikat.

Pengakuan resmi ini menegaskan semakin jauhnya hubungan Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris, meskipun dia merupakan pewaris takhta di urutan kelima. 
 
Beberapa tahun terakhir, Pangeran Harry sudah beberapa kali mengkritik keluarga kerajaan Inggris, termasuk tuduhan rasisme yang termuat dalam serial Netflix dan buku otobiografinya berjudul Spare.

Baca Juga: Momen Raja Charles Menangis Haru atas Dukungan Rakyat Pasca Diagnosa Kanker

Dokumen itu diajukan oleh Travalyst Ltd, sebuah perusahaan yang 75 persen sahamnya dimiliki Harry dan didirikan pada tahun 2020 "untuk mempromosikan kesadaran global akan pentingnya pariwisata berkelanjutan". 

Dokument tersebut diterima Senin (15/4) oleh Companies House, badan pemerintah yang mengawasi pendirian perusahaan-perusahaan di Inggris.

Pengajuan dokumen tersebut juga telah membuat Pangeran Harry semakin jauh dari perannya sebagai salah satu penasihat raja, yang dapat mewakilkan raja menjalankan tugas-tugas monarki jika sang raja sakit atau sedang berada di luar negeri.

Meskipun secara resmi Harry tetap menjadi penasihat raja, namun pihak kerajaan sudah memberitahu Parlemen Inggris pada tahun 2022 bahwa "secara praktis", hanya anggota kerajaan yang tengah bekerja yang akan dipanggil untuk menggantikan tugas raja, jika berhalangan.

Harry dan Meghan bertemu pada tahun 2016 dan menikah pada tahun 2018. Mereka mengundurkan diri sebagai bangsawan senior Kerajaan Inggris pada Januari 2020, menurut laporan BBC.

Baca Juga: Pangeran Harry Bersumpah Melawan Mirror Grup dan Tuding Piers Morgan Bersalah

Meskipun Harry dan Meghan, juga dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, telah menetap di Montecito, California, AS, dan membesarkan putra dan putri mereka di sana, Harry juga kerap dikritis terkait kediamannya di Amerika.

Heritage Foundation, sebuah lembaga pemikir konservatif, mempertanyakan keputusan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS untuk memberikan Harry visa AS setelah pengakuan penggunaan obat-obatan yang ditampilkan dalam serial Spare.

Lembaga tersebut berargumen bahwa Pangeran Harry bisa jadi berbohong dalam aplikasi pengajuan visa atau diberi perlakuan istimewa. Pasalnya, sejarah penggunaan obat-obatan biasanya akan membuat pelamar visa AS tidak memenuhi syarat dan gagal mendapatkannya, menurut laporan Reuters. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×