kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45788,56   1,37   0.17%
  • EMAS1.011.000 -0,10%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Pasokan produk Apple, Facebook dan HP turun, kemungkinan akibat dampak corona


Selasa, 03 Maret 2020 / 19:53 WIB
Pasokan produk Apple, Facebook dan HP turun, kemungkinan akibat dampak corona
ILUSTRASI. Produk tiga perusahaan global Apple Inc, Facebook Inc, dan HP Inc mengalami kekurangan persediaan stok.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wabah virus corona tampaknya telah mengganggu sistem manufaktur global. Pasalnya, beberapa produk tiga perusahaan global Apple Inc, Facebook Inc, dan HP Inc mengalami kekurangan persediaan stok.

Berdasarkan data situs web Apple pada  Senin (2/3), tablet iPad Pro menghadapi ketersediaan terbatas di toko-toko di kota-kota besar di Amerika Serikat (AS), Australia dan Eropa. IPad Pro 12,9 inci dengan penyimpanan 512 gigabytes tanpa konektivitas seluler terjual habis di semua toko Apple di daerah Los Angeles. Model itu dan versi lainnya terjual habis di banyak toko di New York City juga.

Beberapa karyawan toko Apple mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka mulai melihat berkurangnya persediaan iPad Pro minggu lalu.

Baca Juga: WHO: Dunia masuki wilayah belum terpetakan dalam pertempuran lawan virus corona

Apple sebelumnya merencanakan untuk meluncurkan iPad Pro baru dengan meningkatkan spesifikasi kameranya pada paruh pertama tahun ini. Sehingga kemungkinan kekurangan stok bisa juga bisa akibra rencana model baru yang akan masuk. Kalau pun itu yang jadi penyebabnya, virus corona masih bisa memberikan dampak. Wabah itu dapat mengganggu rencana Apple untuk merilis produk barunya.

Earbud AirPods Pro dan komputer Mac yang dibuat sesuai pesanan juga terus menunjukkan keterlambatan pengiriman, dan beberapa model Apple Watch Series 3 dan Series 5 terdaftar sebagai tidak tersedia untuk dibeli secara online.

Watch Series 3 dan AirPods Pro yang laris telah dibatasi bahkan sebelum virus corona. IPhone terbaru dan iPad non-Pro Apple masih banyak tersedia di AS meskipun beberapa lokasi di Eropa dan Australia menunjukkan bahwa iPhone 11 sudah tidak tersedia.

Sementara sebuah tinjauan terhadap toko online Facebook menunjukkan headset realitas virtual Oculus Quest dengan penyimpanan 128 gigabita tidak tersedia untuk dibeli, sementara Oculus Rift S juga terjual habis lewat online.

Situs web HP menunjukkan beberapa komputer desktop Envy, Pavilion dan Slim kehabisan stok, seperti juga beberapa printer foto seluler Sprocket perusahaan. Adapun situs web Amazon.com tidak menunjukkan adanya kendala dalam pasokan produk-produknya seperti speaker Echo dan Kindle e-reader.

Baca Juga: Virus corona belum teratasi, Olimpiade 2020 berpotensi ditunda hingga akhir 2020



TERBARU

[X]
×