kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,20   6,85   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasokan terbatas, IKEA segera naikkan harga jual


Kamis, 04 November 2021 / 07:20 WIB
Pasokan terbatas, IKEA segera naikkan harga jual
ILUSTRASI. Logo IKEA


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SWEDIA. Pada hari Rabu (3/11), IKEA melaporkan penurunan laba setahun penuh karena biaya transportasi dan bahan baku yang lebih tinggi.

Dibandingkan realisasi 2019, laba perusahaan furnitur ini turun 4% karena masalah rantai pasok saat pandemi. Ditambah lagi, permintaan menurun karena orang - orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Laba sebelum pajak IKEA Group, turun 16% pada tahun ini hingga September menjadi €1,7 miliar atau setara £1,4 miliar.

Penurunan pendapatan Ikea berasal dari kenaikan biaya transportasi dan harga bahan baku pada paruh kedua tahun keuangan.

Baca Juga: Tahun 2022 mendatang, IKEA hadir di Mall Taman Anggrek

"Menjaga agar toko dan gudang Ikea tetap penuh merupakan tantangan. Gangguan rantai pasokan menyebabkan penurunan substansial dalam ketersediaan produk yang belum kami pulihkan. Kami berharap ini akan berlanjut hingga (tahun fiskal 2022 Ikea0," kata manajemen Ikea, dikutip dari BBC, Kamis (4/11).

Direktur Keuangan IKEA Martin van Dam mengatakan bahwa efek dari krisis rantai pasokan global dan harga energi yang tinggi dapat berlangsung selama beberapa waktu. Ia memperkirakan 2022 akan menjadi tahun yang lebih sulit dengan lebih banyak tantangan.

Ikea tidak menaikkan harga produknya ke pengecer tahun ini hingga September 2021. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan akan terus bertahan di tengah beban biaya bahan baku dan transportasi yang lebih tinggi kepada pemilik toko.

"Meskipun kami tidak dapat terus mengamankan harga tetap ke pengecer di bawah kondisi yang menantang ini, kami juga berencana untuk menyerap sebagian dari peningkatan biaya selama TA22," katanya.

Dam mengatakan pemilik toko akan memiliki kebebasan untuk memutuskan apakah, atau sejauh mana, mereka akan memberikan harga yang lebih tinggi kepada pembeli.

Baca Juga: IKEA Indonesia gencar ekspansi menambah gerai baru

Pengumuman IKEA muncul setelah kepala eksekutif Jesper Brodin mengatakan pada pertengahan Oktober bahwa kemacetan di pelabuhan telah menyebabkan masalah pasokan. "Kita perlu hidup dengan gangguan untuk tahun yang akan datang," katanya.

IKEA terpaksa membeli kapasitas pengiriman tambahan untuk mengatasi kekurangan produk.




TERBARU

[X]
×