kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,10   12,79   1.41%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasukan Rusia Bertempur di Bakhmut Barat, Grup Wagner Cemaskan Serangan Balasan


Sabtu, 22 April 2023 / 18:20 WIB
Pasukan Rusia Bertempur di Bakhmut Barat, Grup Wagner Cemaskan Serangan Balasan
ILUSTRASI. Bangunan yang rusak akibat serangan militer Rusia di garis depan kota Bakhmut, di wilayah Donetsk, Ukraina 27 Februari 2023. Pasukan Rusia Bertempur di Bakhmut Barat, Grup Wagner Cemaskan Serangan Balasan Ukraina.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  MOSKOW. Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pada hari Jumat bahwa pasukan penyerang sedang bertempur di bagian barat Bakhmut, bagian terakhir dari kota Ukraina yang masih dikuasai oleh pasukan Kyiv.

Kedua pasukan Ukraina dan Rusia telah berperang selama berbulan-bulan di kota timur, yang sebagian besar telah hancur. Namun, kementerian pertahanan tidak memberikan rincian tentang pertempuran terbaru tersebut.

Kyiv menyatakan bahwa pasukan Rusia telah membuat beberapa kemajuan dalam pertempuran sengit untuk merebut Bakhmut, tetapi situasinya masih terkendali.

Baca Juga: Rusia Klaim Telah Berhasil Mengepung Tentara Ukraina di Bakhmut

"Wakil Menteri Pertahanan Hanna Malyar menulis dalam aplikasi perpesanan Telegram bahwa keputusan dibuat sesuai dengan kepentingan militer," tulisnya.

Dalam pidato video, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa Kyiv sedang mempersiapkan unit baru yang belum muncul di garis depan. Zelenskiy dan pejabat lainnya telah lama berjanji bahwa Ukraina akan melancarkan serangan.

Serangan Rusia di Bakhmut sangat tergantung pada pasukan swasta Grup Wagner, yang komandannya, Yevgeny Prigozhin, pada hari Jumat menyatakan keprihatinannya tentang kemungkinan serangan balik dari Ukraina.

"Dalam rekaman audio yang dirilis di Telegram, Prigozhin mengatakan bahwa hari ini mereka berhasil membunuh prajurit yang dilatih di Ukraina, tetapi mereka yang datang dari Jerman akan dilatih secara teknologi," merujuk pada warga Ukraina yang akan dilatih di Jerman untuk menggunakan tank Abrams yang disediakan oleh Amerika Serikat.

Baca Juga: Lakukan Serangan Balik, Ukraina Matikan Listrik di Kota Melitopol yang Dikuasai Rusia

Dia juga menyebut bahwa "Barat telah menyerahkan 230 tank dan 1.500 kendaraan lapis baja lainnya. Ini juga cukup untuk memberikan perlawanan yang serius."

Prigozhin memperkirakan bahwa Ukraina akan menyerang ketika tanah telah mengeras setelah hujan musim semi.

"Mereka akan menyerang... mereka akan datang dan mencoba memisahkan kita, dan kita harus melawan," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×