kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paus Fransiskus Memicu Spekulasi Baru Tentang Masa Depan Kepausannya


Senin, 06 Juni 2022 / 16:55 WIB
Paus Fransiskus Memicu Spekulasi Baru Tentang Masa Depan Kepausannya
ILUSTRASI. Paus Fransiskus Memicu Spekulasi Baru Tentang Masa Depan Kepausannya


Sumber: AP News | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  VATIKAN. Paus Fransiskus menambahkan bahan bakar ke rumor tentang masa depan kepausannya dengan mengumumkan dia akan mengunjungi kota L'Aquila di Italia tengah pada bulan Agustus untuk pesta yang diprakarsai oleh Paus Celestine V, salah satu dari sedikit paus yang mengundurkan diri sebelum Paus Benediktus XVI mengundurkan diri di 2013.

Media Italia dan Katolik dipenuhi dengan spekulasi tanpa sumber bahwa Fransiskus yang berusia 85 tahun mungkin berencana untuk mengikuti jejak Benediktus, mengingat meningkatnya masalah mobilitas yang memaksanya menggunakan kursi roda selama sebulan terakhir.

Desas-desus itu mengemuka minggu lalu ketika Fransiskus mengumumkan sebuah konsistori untuk mengangkat 21 kardinal baru yang dijadwalkan pada 27 Agustus. Enam belas dari kardinal itu berusia di bawah 80 tahun dan berhak memilih dalam konklaf untuk memilih pengganti Fransiskus.

Begitu mereka ditambahkan ke jajaran pangeran gereja, Fransiskus akan menumpuk Kolese Kardinal dengan 83 dari 132 kardinal usia pemilih. Meskipun tidak ada jaminan bagaimana para kardinal dapat memilih, kemungkinan mereka akan memilih seorang penerus yang berbagi prioritas pastoral Fransiskus menjadi semakin besar.

Baca Juga: Paus Fransiskus Kembali Angkat 21 Kardinal Baru, Ini Nama dan Asal Negara Mereka

Dalam mengumumkan konsistori 27 Agustus, Fransiskus juga mengumumkan dia akan menjadi tuan rumah pembicaraan dua hari pada minggu berikutnya untuk memberi pengarahan kepada para kardinal tentang konstitusi apostoliknya baru-baru ini yang mereformasi birokrasi Vatikan. 

Dokumen itu, yang mulai berlaku hari Minggu, memungkinkan perempuan untuk mengepalai kantor Vatikan, memberlakukan batasan masa kerja pada pegawai Vatikan imam dan memposisikan Tahta Suci sebagai lembaga yang melayani gereja-gereja lokal, bukan sebaliknya.

Fransiskus terpilih sebagai paus pada tahun 2013 dengan mandat untuk mereformasi Kuria Roma. Sekarang proyek sembilan tahun telah diluncurkan dan setidaknya sebagian dilaksanakan, tugas utama Fransiskus sebagai paus dalam beberapa hal telah tercapai.

Semua yang membuat pengumuman rutin hari Sabtu tentang kunjungan pastoral ke L'Aquila membawa bobot spekulatif yang lebih besar daripada yang seharusnya.

Yang perlu diperhatikan adalah waktunya: Vatikan dan seluruh Italia biasanya berlibur pada bulan Agustus hingga pertengahan September, dengan semua kecuali bisnis penting tutup. 

Baca Juga: Ukraina Gelar Pengadilan Kejahatan Perang Pertama atas Tentara Rusia

Menyerukan konsistori utama pada akhir Agustus untuk mengangkat kardinal baru, mengumpulkan anggota gereja selama dua hari untuk melakukan pembicaraan tentang penerapan reformasinya dan melakukan kunjungan pastoral yang signifikan secara simbolis menunjukkan bahwa Fransiskus mungkin memiliki pemikiran yang tidak biasa.

"Dengan berita hari ini bahwa @Pontifex akan pergi ke L'Aquila di tengah-tengah konsistori Agustus, semuanya menjadi lebih menarik," tweet komentator Vatikan Robert Mickens, menghubungkan ke esai yang telah dia terbitkan di La Croix International tentang rumor tersebut. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×