kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pebisnis mesin industri India yang lihai melihat peluang pasar (1)


Selasa, 27 Maret 2018 / 14:00 WIB
Pebisnis mesin industri India yang lihai melihat peluang pasar (1)
FENOMENA - Bhadresh Shah


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Mampu melihat kebutuhan pasar menjadi kekuatan Bhadresh Shah dalam membesarkan bisnis AIA Engineering Group. Produsen mesin industri ini melayani berbagai sektor seperti semen dan pertambangan. Berdiri pada tahun 1979, AIA Engineering berkembang pesat dengan memiliki sejumlah gudang penyimpanan di berbagai negara dan sejumlah anak usaha. Lewat bisnisnya ini Shah bertransformasi menjadi miliuner dengan kekayaan sebesar US$ 1,33 miliar.

Dalam dunia bisnis, menaruh perhatian besar terhadap kebutuhan konsumen merupakan strategi penting yang diterapkan banyak pengusaha. Mungkin terdengar klise, namun hal ini mampu menjadi resep jitu dalam pengembangan bisnis Bhadresh Shah, pendiri AIA Engineering Group asal India. Berkat strategi ini pula, ia kini menyandang status sebagai miliarder dengan kekayaan pribadi yang dicatat Majalah Forbes mencapai US$ 1,33 miliar.

AIA Engineering adalah perusahaan yang berkembang menjadi salah satu raksasa di bidang rekayasa. Perusahaan yang berdiri sejak 1979 ini memiliki salah satu andalan produk yakni mesin penggilingan yang dipakai oleh berbagai perusahaan di sejumlah sektor. Bahkan saat ini, AIA Engineering merupakan produsen mesin penggilingan kedua terbesar di dunia.

Salah satu sektor industri yang jadi pelanggan AIA Engineering adalah dari industri semen. Sektor ini merupakan yang pertama menjadi fokus Shah saat memulai bisnis. Dengan kemampuannya mengetahui kebutuhan dari para konsumen, ia mencari jalan terbaik untuk merekayasa kebutuhan tersebut dengan memilih komponen terbaik dan memproduksi produk yang berkualitas tinggi. Cara ini, rupanya berhasil memikat para konsumen di berbagai sektor.

Ia mengembangkan produk-produk yang mampu meminimalisir biaya pemeliharaan namun mampu meningkatkan efektivitas biaya bagi pelanggan.

Sejumlah peralatan yang diproduksi untuk produsen semen di antaranya adalah alat penggilingan, dinding pemisah komponen, hingga sejumlah peralatan lain. Dengan terus berkembangnya industri semen, AIA Engineering pun terus mengembangkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan yang makin tinggi dan kompleks.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×