Menlu Retno: Pemerintah berhasil evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:20 WIB Sumber: Reuters
Menlu Retno: Pemerintah berhasil evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

ILUSTRASI. Warga berusaha memasuki Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). REUTERS/Stringer


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Angkatan Udara Indonesia telah mengevakuasi 26 warganya dari Afghanistan, kata menteri luar negerinya pada hari Jumat, di tengah kekacauan dan ketidakpastian di negara itu setelah garis keras Islam Taliban merebut kekuasaan.

Lebih dari 18.000 orang telah dievakuasi dalam beberapa hari terakhir dari bandara Kabul, tempat kekacauan dan keputusasaan ketika ribuan orang mencoba melarikan diri menyusul pengambilalihan cepat kota-kota utama Afghanistan termasuk Kandahar kemudian Kabul, ketika AS dan pasukan asing lainnya mundur.

Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, mengangkut total 33 orang di dalam pesawat yang sekarang menuju pulang melalui Pakistan, kata menteri luar negeri Retno Marsudi di Twitter.

Baca Juga: Taliban meminta para imam masjid serukan persatuan di Afghanistan saat salat Jumat

“Pesawat itu sekarang berada di Islamabad untuk melanjutkan perjalanan ke Indonesia,” katanya, seraya menambahkan ada 26 orang Indonesia di dalam pesawat, termasuk staf kedutaan, ditambah lima orang Filipina dan dua warga negara Afghanistan.

Pemandangan dari bandara Kabul, yang dijaga ketat oleh lebih dari 5.000 tentara AS, telah menarik perhatian global, menceritakan kisah kepanikan dan keputusasaan, dengan ribuan pria, wanita dan anak-anak mencoba meninggalkan pesawat militer dan sipil.

Selanjutnya: Facebook, Twitter, dan LinkedIn mengamankan akun pengguna dari Afghanistan

 

Editor: Handoyo .

Terbaru