kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendiri Google, ini profil serta kekayaan Larry Page dan Sergey Brin


Senin, 27 September 2021 / 20:05 WIB
Pendiri Google, ini profil serta kekayaan Larry Page dan Sergey Brin


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-23 pada 27 September 2021. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Universitas Stanford pada 1995 sebagai mahasiswa pascasarjana. 

Brin dan Page tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet. Pendiri Google ini mulai bekerja dari kamar asrama Page di Stanford untuk merancang jenis teknologi pencarian terbaru, yang mereka beri nama BackRub. 

Pada pertengahan 1998 Brin dan Page mulai menerima pendanaan dari luar. Salah satu investor pertama mereka adalah Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems, Inc. 

Mereka akhirnya mengumpulkan sekitar US$ 1 juta dari investor, keluarga, dan teman-teman dan membangun tempat di Menlo Park, California, dengan nama Google. 

Nama Google berasal dari kesalahan ejaan googol yakni istilah matematika untuk angka satu diikuti oleh seratus nol dalam desimal. 

Lantas, seperti apa profil pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin dan berapa kekayaannya? 

Baca Juga: Sejarah Google dan lahirnya sistem operasi Android

Profil pendiri Google, Larry Page

 Larry Page, pendiri Google

Pendiri Google, Larry Page yang bernama lengkap Lawrence Edward Page, lahir pada 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Ayah Larry Page adalah seorang profesor ilmu komputer di Michigan State University. 

Dikutip dari Britannica, Larry Page mendapat gelar sarjana teknik komputer dari University of Michigan (1995) dan masuk ke program pascasarjana di Stanford, di mana ia bertemu Brin.

Keduanya sama-sama tertarik dengan gagasan untuk meningkatkan kemampuan mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di internet. 

Bekerja dari kamar asrama Larry Page, kedua pendiri Google tersebut merancang teknologi mesin pencari. Untuk mengembangkan mesin pencari mereka, Page dan Brin mengumpulkan sekitar $1 juta dari pendanaan luar dari investor, keluarga, dan teman. 

Baca Juga: Google Doodle hari ini tampilkan kue, rayakan ulang tahun mesin pencari yang ke-23

Pada September 1998 keduanya mendirikan Google Inc., dengan Page sebagai chief executive officer (CEO). 

Tahun berikutnya, Google menerima US$ 25 juta dana modal ventura dan memproses 500.000 pencarian per hari. Pada 2001, Larry Page mundur sebagai CEO dan menjadi president of product. 

Dia digantikan oleh Eric Schmidt. Namun, Larry Page tetap terlibat erat dalam menjalankan Google. Pada tahun 2011 Larry Page kembali menjadi CEO Google, Schmidt pindah ke posisi Executive Chairman.

Lalu, pada Agustus 2015, Google direstrukturisasi sebagai anak perusahaan dari perusahaan induk yang baru dibuat, Alphabet Inc., dan Page menjadi CEO Alphabet.

Kemudian, di Desember 2019, Larry Page meninggalkan jabatan itu tetapi terus berada di dewan direksi Alphabet. Larry Page telah menikah dengan ilmuwan peneliti Lucinda Southworth sejak 2007. Pasangan itu memiliki dua anak.

Baca Juga: Begini 4 cara cek pulsa Smartfren yang mudah dilakukan




TERBARU

[X]
×