kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Alibaba melonjak 24,58% menjadi US$ 38,8 miliar pada festival 11.11


Selasa, 12 November 2019 / 11:19 WIB
Penjualan Alibaba melonjak 24,58% menjadi US$ 38,8 miliar pada festival 11.11


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  HANGZHOU. Raksasa e-commerce Alibaba Grup membukukan penjualan sebesar US$ 38,8 miliar atau setara RMB 268,4 miliar, pada perayaan Global Shopping Festival 11.11 tahun ini. 

Angka penjualan tersebut meningkat 24,58% jika dibandingkan dengan 2019.

Baca Juga: Dua jam pertama festival 11.11, Alibaba Group catat GMV US$ 18,32 miliar

Menanggapi hajatan besar 11.11 tahun ini, Daniel Zhang Executive Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) Alibaba Group hanya menyatakan tahun ini, dirinya hanya bertugas memobilisasi sumber daya di seluruh ekosistem digital Alibaba untuk mendukung tim 11.11.

"Saya yakin mereka akan menggunakan kreativitas dan antusiasme serta imajinasi mereka untuk menghadirkan pengalaman 11.11 yang baru untuk para konsumen, penjual dan di platform kami," kata Daniel dalam wawancara resmi dengan tim Alibaba di Hangzhou, China, Senin (11/11).

Ia menegaskan tahun ini dirinya hanya berbelanja saja. "Tahun ini sebenarnya merupakan pengalaman yang sangat baru buat saya: Saya bisa fokus untuk berbelanja!," tandasnya.

Daniel menceritakan, selama sepuluh tahun belakangan, ia telah memimpin pusat komando 11.11 dan bertanggung jawab untuk memastikan semua sistem siap saat 11.11 dimulai pada pukul 00:00.

Baca Juga: Sembilan jam setelah dibuka, penjualan Alibaba di hari Jomblo capai US$ 23 miliar

Pada momen paling intens persis sebelum jam menunjukkan pukul 00:00, biasanya dia akan naik ke panggung untuk menghitung mundur mulainya 11.11.

Seperti kita tahu, tahun ini merupakan kali ke-11 penyelenggaraan 11.11 Global Shopping Festival (sebelumnya dikenal sebagai Singles’ Day).

Selama lebih dari satu dekade belakangan, 11.11 telah berevolusi dari kampanye promosi belanja untuk menarik minat konsumen pada Tmall yang baru diluncurkan Alibaba, hingga kini menjadi festival belanja satu hari terbesar di dunia.

Baca Juga: Alibaba rencanakan IPO di bursa Hong Kong terealisasi akhir November 2019

Daniel yang baru saja menerima tongkat kepemimpinan Executive Chairman dari Jack Ma ini bercerita tentang makna 11.11 tahun ini, bagaimana ia menyerahkan kepemimpinan 11.11 ke generasi baru pemimpin Alibaba, pandangannya tentang globalisasi, Alibaba Business Operating System serta apa yang harus dilakukan Alibaba untuk menjadi perusahaan bertanggung jawab yang akan berkarya setidaknya selama 102 tahun.

Sebagai catatan, tahun ini penanggungjawab 11.11 Global Shopping Festival adalah Jiang Fan, President Taobao dan Tmall.

"Saya merasa ia dan timnya telah membuktikan kemampuan mereka, pengetahuan mereka tentang pasar dan keahlian dalam berbisnis, juga kemampuan operasional," katanya.

Baca Juga: Hari jomblo 11.11 jadi ajang promosi brand global di pasar China

Ia menegaskan tim yang muda ini adalah masa depan Alibaba, yang benar-benar bisa memimpin evolusi dan pertumbuhan konsumsi di China. Mereka memberi makna baru bagi 11.11.

Mereka tidak hanya menciptakan nilai-nilai baru untuk Taobao dan Tmall, namun juga menggerakkan perkembangan bagi pasar konsumsi domestik di China, maupun pasar konsumsi di seluruh dunia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×