kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,46   -11,06   -1.18%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alibaba rencanakan IPO di bursa Hong Kong terealisasi akhir November 2019


Minggu, 10 November 2019 / 20:49 WIB
Alibaba rencanakan IPO di bursa Hong Kong terealisasi akhir November 2019
ILUSTRASI. A logo of Alibaba Group is seen at an exhibition during the World Intelligence Congress in Tianjin, China May 16, 2019.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -HONGKONG. Realisasi rencana raksasa teknologi asal Cina, Alibaba untuk melantai di bursa Hong Kong semakin terang. Merujuk artikel yang dimuat Reuters, Jumat (8/11) upaya tersebut bakal terealisasi pada minggu terakhir bulan November 2019, menurut dua sumber Reuters.

Nah, Alibaba dikabarkan berniat untuk menggalang dana dari penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO) senilai US$ 15 miliar. Aksi korporasi ini dinantikan oleh banyak investor lantaran menandakan kembalinya kepercayaan Hong Kong sebagai pusat keuangan di Asia.

Baca Juga: Hari jomblo 11.11 jadi ajang promosi brand global di pasar China

Penawaran publik oleh raksasa e-commerce ini bakal menjadi hal penting bagi masa depan Hong Kong lantaran citra kota tersebut telah dirusak oleh panjangnya protes anti-pemerintah yang dilakukan.

Selain itu, rencana IPO Alibaba juga terjadi pada saat hubungan antara Cina dan Amerika Serikat (AS) yang mulai cair, setelah sebelumnya sempat tegang akibat perang dagang yang menggoncang pasar keuangan global.

Adapun, book building atau pendaftaran Alibaba dijadwalkan berlangsung pada minggu terakhir bulan ini, tepatnya di 25 November 2019. Beberapa pihak menyebut, mulanya Alibaba akan lebih dulu meminta persetujuan dari Komite Pencatatan di Hong Kong (Hong Kong listing committee) pekan ini, tepatnya hari Kamis (14/11).

Meski begitu, juru bicara Alibaba menolak mengomentari perihal waktu penawaran saham. Transaksi tersebut akan menjadi daftar sekunder cross border terbesar di dunia, menurut data Dealogic.

Alibaba saat ini masih memegang mahkota untuk penawran umum perdana terbesar di dunia ketika pencatatannya di New York tahun 2014 silam senilai US$ 25 miliar.

Baca Juga: Alibaba mulai merambah konsumen di kota kecil

Meski begitu, pihak Alibaba sampai saat ini belum membeberkan rencana dari hasil pendanaan listing sekunder, dengan proyeksi penggalangan dana yang berkisar antara US$ 10 miliar hingga US$ 15 miliar.

Di sisi lain, perusahaan ini sebelumnya menyatakan bahwa rencananya ke depan adalah memperluas basis pelanggan Cina di luar pasar inti alias di kota-kota bsar. Dengan kata lain, Alibaba ingin masuk ke daerah-derah kurang berkembang untuk memerangi perlambatan pertumbuhan penjualan ritel.

Namun, Alibaba juga memiliki sedikit pesaing dari negeri asalnya seperti Pinduoduo yang telah lebih dulu masuk ke pasar di wilayah-wilayah kecil dengan diskon besar dan penawaran pembelian secara berkelompok.




TERBARU

[X]
×