Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana
KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. McDonald's melaporkan pertumbuhan penjualan global yang melebihi ekspektasi Wall Street pada kuartal kedua 2025. Peningkatan ini didorong oleh promosi dan paket menu hemat yang menarik konsumen beranggaran terbatas di tengah ketidakpastian ekonomi yang terus berlanjut.
Penjualan global di gerai yang sama McDonald’s naik sebesar 3,8%, melampaui perkiraan analis yang disusun LSEG sebesar 2,4%. Kinerja positif ini ditopang oleh permintaan kuat di pasar Amerika Serikat dan internasional.
Seiring meningkatnya persaingan di industri makanan cepat saji, sejumlah pemain besar seperti McDonald’s, Domino’s Pizza, dan pemilik Taco Bell, Yum Brands, memperkuat strategi mereka dengan menawarkan paket hemat guna menarik konsumen, khususnya dari kelompok berpenghasilan rendah yang mulai menahan pengeluaran.
Baca Juga: McDonald’s Indonesia Hadirkan Taste of Japan Lewat Kolaborasi Animator Lokal
Untuk mendorong penjualan, McDonald’s meluncurkan berbagai promosi, termasuk Happy Meal edisi terbatas untuk anak-anak dan dewasa yang terhubung dengan promosi film Minecraft pada April. Di Mei, McDonald's menambahkan McCrispy Chicken Strips sebagai menu tetap.
Promosi ini melengkapi berbagai penawaran sebelumnya seperti paket hemat US$ 5 dan promo beli satu tambah satu hanya US$ 1 yang sudah diperkenalkan tahun lalu.
Strategi inovasi menu dan promosi juga terbukti efektif bagi Domino’s yang mencatat peningkatan penjualan gerai di AS. Sebaliknya, penjualan di Yum Brands dan Chipotle Mexican Grill justru terpukul oleh lemahnya permintaan.
Data dari Placer.ai dikutip Reuters menunjukkan pada kuartal kedua, kunjungan pelanggan ke gerai McDonald’s meningkat 0,8% dibandingkan tahun lalu, mengungguli penurunan 0,7% yang dialami oleh kategori restoran cepat saji secara keseluruhan.
Di awal kuartal ketiga, peluncuran Snack Wraps pada 10 Juli juga membantu meningkatkan trafik pelanggan di gerai McDonald’s AS, menurut analis Placer.ai, R.J. Hottovy.
Di pasar domestik AS yang merupakan pasar terbesar McDonald’s penjualan comparable naik 2,5%, berbalik dari penurunan 0,7% pada periode yang sama tahun lalu.
Sementara itu, di segmen bisnis yang dikelola melalui kemitraan lokal, penjualan melonjak 5,6%, dengan Jepang sebagai kontributor utama. Di pasar internasional lainnya, penjualan naik 4%, berkat pemulihan permintaan di Inggris, Kanada, dan Prancis.