kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.496.000   5.000   0,34%
  • USD/IDR 15.529   24,00   0,15%
  • IDX 7.748   99,13   1,30%
  • KOMPAS100 1.205   13,78   1,16%
  • LQ45 961   11,57   1,22%
  • ISSI 233   1,97   0,85%
  • IDX30 493   6,97   1,43%
  • IDXHIDIV20 593   9,04   1,55%
  • IDX80 137   1,61   1,19%
  • IDXV30 143   0,81   0,57%
  • IDXQ30 164   2,31   1,43%

Penjualan Saham Warren Buffett Baru-baru Ini Menunjukkan Pasar Dinilai Terlalu Tinggi


Kamis, 17 Oktober 2024 / 12:18 WIB
Penjualan Saham Warren Buffett Baru-baru Ini Menunjukkan Pasar Dinilai Terlalu Tinggi
ILUSTRASI. Investor miliarder David Einhorn menyoroti bahwa investor saat ini sedang mendorong apa yang tampak sebagai pasar saham termahal . REUTERS/Scott Morgan


Sumber: businessinsider.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam surat kuartalan hedge fund-nya, investor miliarder David Einhorn menyoroti bahwa investor saat ini sedang mendorong apa yang tampak sebagai pasar saham termahal dalam beberapa dekade.

Menariknya, dia mencatat bahwa Warren Buffett, salah satu investor paling terkenal di dunia, tengah mengurangi eksposur ekuitasnya di tengah tren kenaikan ini.

Saham yang Overvalued

Menurut surat dari Greenlight Capital, ekuitas saat ini dianggap paling overvalued sejak perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1996. Mereka memperingatkan bahwa sekarang bukanlah waktu yang baik untuk memiliki eksposur ekuitas yang tinggi, dengan merujuk pada penjualan saham oleh Buffett sebagai indikator.

Buffett, yang dikenal dengan kemampuannya dalam meramalkan pergerakan pasar, telah memangkas posisi ekuitasnya dan memilih untuk menahan uang tunai. Pada pertengahan Agustus, ia berhasil mengumpulkan kas sebesar US$189 miliar dan terus mengambil keuntungan dari saham-saham yang berhasil.

Baca Juga: TSMC Menjadi Perusahaan Terbesar Kedelapan di Dunia, Melewati Berkshire Hathaway

Meskipun Greenlight tidak melihat tindakan Buffett sebagai prediksi terjadinya crash pasar, mereka mencatat bahwa "Oracle of Omaha" memiliki bakat dalam mengurangi eksposur pada waktu yang tepat. Sebagai contoh, Buffett menutup dananya sebelum pasar menjadi terlalu tinggi pada tahun 1960-an dan menjual kepemilikannya sebelum crash tahun 1987.

Implikasi Penjualan Saham

"Argumen bisa diajukan bahwa menghindari pasar bear merupakan alasan yang kurang dihargai untuk pengembalian jangka panjangnya yang luar biasa," tulis surat tersebut. Penting untuk dicatat bahwa Buffett kini kembali menjual sebagian besar portofolio sahamnya dan membangun cadangan kas yang besar.

Menurut Greenlight, penjualan ini menunjukkan bahwa eksposur ekuitas tinggi sebaiknya ditunda hingga peluang yang lebih baik muncul dalam waktu dekat.

Kondisi Pasar Saat Ini

Meskipun Greenlight tidak menganggap pasar berada dalam gelembung, mereka menyatakan bahwa rasio harga terhadap laba (P/E) yang tinggi menjadi perhatian meskipun ada puncak siklis dalam laba korporasi. Hasil dividen juga sangat rendah saat ini.

Sementara pengamat pasar lainnya juga mencatat mahalnya pasar saat ini, Greenlight berpendapat bahwa masalah ini lebih dari sekadar "penilaian yang tinggi" pada saham teknologi terkenal. Bahkan nama-nama industri yang matang, yang terpapar pada siklus dan peluang pertumbuhan, diperdagangkan pada 30 hingga 50 kali lipat dari laba mereka.

Baca Juga: Warren Buffett Tingkatkan Kepemilikan Sahamnya di SiriusXM Menjadi 32%

Posisi Konservatif Greenlight

Greenlight mengambil posisi yang konservatif dengan "eksposur yang sangat rendah terhadap beta ekuitas." Dalam laporan kuartal ketiga, mereka mencatat pengembalian sebesar 1,1%, dibandingkan dengan kenaikan S&P 500 yang mencapai 5,9%.

Namun, perusahaan ini bukanlah bearish secara mutlak. Meskipun mereka mengharapkan untuk terus mengalami kinerja yang lebih rendah dibandingkan pasar yang sedang naik saat ini, investasi mereka di emas dan Green Brick Partners diakui sebagai pemenang signifikan pada kuartal ini.

Selanjutnya: 2 Resep Es Potong Jadul Celup Cokelat Meleleh, Bisa Jadi Ide Jualan Tambah Cuan

Menarik Dibaca: 2 Resep Es Potong Jadul Celup Cokelat Meleleh, Bisa Jadi Ide Jualan Tambah Cuan




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×