kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -18,50   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penurunan ekspor Jepang pada September melambat, pengiriman mobil ke AS pulih


Senin, 19 Oktober 2020 / 08:15 WIB
Penurunan ekspor Jepang pada September melambat, pengiriman mobil ke AS pulih
ILUSTRASI. An industrial port is pictured in Tokyo, Japan, May 23, 2019. REUTERS/Kim Kyung-Hoon


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Penurunan ekspor Jepang pada September 2020 lebih lambat dari enam bulan sebelumnya, karena pengiriman mobil ke Amerika Serikat mulai pulih dari posisi terendah selama Covid-19, menunjukkan tekanan pandemi pada ekonomi mereda.

Mengutip Reuters, Senin (19/10), penurunan ekspor yang lebih lambat menambah tanda bahwa ekonomi Jepang mulai pulih secara bertahap dari guncangan krisis kesehatan setelah mencapai titik terendah.

Secara tahunan, total penurunan ekspor 4,9% pada bulan September, penurunan yang lebih besar dari penurunan 2,4% yang diharapkan oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters. 

Namun, penurunan ini berarti laju kontraksi dalam ekspor mereda setelah enam bulan penurunan dua digit, termasuk penurunan 14,8% di bulan sebelumnya.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Suga kirimkan persembahan ke kuil Yasukuni untuk korban perang

Ekspor turun selama 22 bulan berturut-turut, menandai penurunan terpanjang sejak 23 bulan berjalan hingga Juli 1987, didorong oleh lebih sedikit ekspor besi ke Taiwan dan kapal ke Panama.

"Kami pikir (ekspor) harus kembali ke tingkat sebelum virus sebelum akhir tahun," kata Marcel Thieliant, ekonom Jepang di Capital Economics.

"Namun ... kami hanya mengharapkan impor barang dan jasa untuk kembali ke tingkat sebelum virus pada akhir 2022."

Sebuah jajak pendapat Reuters pada hari Jumat menunjukkan para analis berpikir pemerintah Perdana Menteri Yoshihide Suga harus mengumpulkan anggaran tambahan ketiga untuk tahun fiskal saat ini untuk mendukung perekonomian.

Jepang telah mengumumkan $ 2,2 triliun dalam dua paket stimulus untuk melindungi ekonomi dari pukulan krisis Covid-19, termasuk pembayaran tunai untuk rumah tangga dan pinjaman usaha kecil.

Media lokal telah melaporkan Suga ingin memerintahkan pemerintahnya untuk menyusun langkah-langkah stimulus tambahan pada awal November, sebuah langkah yang dapat membantu menopang sentimen konsumen yang rapuh yang terutama menghadapi risiko dari gelombang baru infeksi.

Jajak pendapat menunjukkan produk domestik bruto diperkirakan meningkat 15,1% tahunan pada kuartal ketiga setelah mencatat rekor kontraksi dalam tiga bulan sebelumnya.

Berdasarkan tujuan, pengiriman ke Amerika Serikat - pasar utama Jepang - naik 0,7% pada tahun ini hingga September, laju yang jauh lebih lambat dari penurunan 21,3% yang terlihat pada Agustus, didorong oleh permintaan yang lebih kuat untuk mobil penumpang dan mesin tenaga listrik.

Ekspor ke China, mitra dagang terbesar Jepang, naik 14,0% tahun ke tahun di bulan September, menandai kenaikan bulanan ketiga berturut-turut dalam pengiriman ke China, data menunjukkan.

Ekspor ke seluruh Asia kehilangan 2,0%, laju penurunan paling lambat sejak Februari.

Impor keseluruhan merosot 17,2% di tahun hingga September, dibandingkan perkiraan median untuk penurunan 21,4%.

Akibatnya, neraca perdagangan mengalami surplus 675,0 miliar yen ($ 6,4 miliar), dibandingkan perkiraan median untuk surplus 989,8 miliar yen. ($ 1 = 105.4500 yen).

Selanjutnya: Hadapi China, Jepang akan jalin hubungan lebih erat dengan Indonesia & Vietnam




TERBARU

[X]
×