kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Perkuat pasar Afrika, Pepsi akuisisi Pioneer Food senilai Rp 23,80 triliun


Jumat, 19 Juli 2019 / 18:10 WIB
Perkuat pasar Afrika, Pepsi akuisisi Pioneer Food senilai Rp 23,80 triliun

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JOHANNESBURG. Niat Pepsi Co mengakuisisi perusahaan makanan asal Afrika Selatan, Pioneer Food Group segera terwujud. Perusahaan minuman dari Amerika Serikat (AS) sudah mencapai kesepakatan mencaplok Pioneer Food dengan harga US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23,80 triliun (1 US$= Rp 14.000) .

Pepsi menyebutkan, portofolio produk Pioneer Food akan melengkapi dan membantu Pepsi berkembang di wilayah Afrika Sub-Sahara. Pioneer Food akan meningkatkan kemampuan manufaktur dan distribusi dari Pepsi.


Seperti dilansir Reuters, harga akuisisi yang ditawarkan Pepsi tersebut setara 110 Rand (US$ 7,94) atau sekitar Rp 110.719,73 per saham.

Kabar mendongkrak harga saham Pioner Food sebesar 28,8% menjadi 100 Rand. “Pioneer Food menjadi bagian penting dari strategi kami untuk berkembang di Afrika Selatan sampai ke wilayah Afrika Sub-Sahara,” kata Chairman dan CEO Pepsi Ramon Laguarta.

Pioneer, yang produknya diantarannya sereal Weet-Bix, jus Buah Liqui dan roti Sasko, merupakan perusahaan barang konsumen terbaru dari Afrika Selatan yang menjadi target pembelian setelah Clover Industries, produsen yoghurt, minuman, dan minyak zaitun. Clover Industries sudah diincar konsorsium perusahaan bernama Milco SA sejak tahun lalu.




TERBARU

×