Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - LONDON. Peritel Inggris melaporkan rekor peningkatan penjualan tahunan dalam kuartal II tahun ini. Pertumbuhan tersebut lebih dikarenakan pada tahun sebelumnya ada penutupan toko yang meluas karena pandemi virus corona.
Konsorsium Ritel Inggris (BRC) mengatakan bahwa penjualan pada kuartal kedua 2021 tumbuh 28,4% lebih tinggi dari tahun sebelumnya dan 10,4% lebih tinggi dari dua tahun sebelumnya.
Peningkatan tahun ke tahun adalah yang terbesar sejak pencatatan BRC dimulai pada tahun 1995. "Pembukaan ekonomi Inggris secara bertahap mendorong pelepasan permintaan yang terpendam," kata kepala eksekutif BRC Helen Dickinson seperti dikutip dari Reuters, Selasa (13/7).
Baca Juga: Pertama di dunia, Thailand bakal campur vaksin Sinovac dengan AstraZeneca
Sementara supermarket telah berdagang selama pandemi, peritel 'tidak penting' seperti toko pakaian ditutup untuk sebagian besar tahun ini, sebelum dibuka kembali di Inggris pada 12 April.
Total penjualan di bulan Juni saja naik 13,1% dari dua tahun sebelumnya, dibandingkan dengan pertumbuhan 10% di bulan Mei. Dibandingkan tahun lalu, penjualan 10,4% lebih tinggi secara total.
"Fashion dan alas kaki berjalan dengan baik saat paruh pertama Juni, sementara dimulainya Euro 2020 memberikan dorongan untuk TV, makanan ringan, dan bir," kata Dickinson.
Penyedia sistem pembayaran, Barclaycard, mengatakan belanja konsumennya juga naik kuat pada Juni dan berada pada level 11,1% lebih tinggi dari Juni 2019. Pada Mei, dengan ukuran yang sama yang didasarkan pada hampir setengah dari pembayaran kartu kredit dan debit Inggris menunjukkan pengeluaran naik 7,6%.
Baca Juga: China usir kapal perusak AS di Laut China Selatan, ini yang terjadi
Pengeluaran di pub dan bar melonjak 38% dibandingkan dengan dua tahun lalu, kenaikan terbesar sejak September, dan toko spesialis makanan dan minuman mengalami lonjakan penjualan sebesar 76%.
"Juni melihat orang Inggris berbondong-bondong kembali ke pub, bar, dan taman bir untuk menonton sepak bola dan tenis di layar lebar, karena gelombang panas di awal bulan mendorong banyak dari kita untuk keluar di bawah sinar matahari dan bersosialisasi," kata Rahel Ahmad, kepala produk konsumen Barclaycard.