kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,35   5,75   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perundingan di kongres gagal, Trump akan coba jalankan stimulus virus corona sendiri


Sabtu, 08 Agustus 2020 / 05:26 WIB
Perundingan di kongres gagal, Trump akan coba jalankan stimulus virus corona sendiri
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pejabat Gedung Putih yang mencoba menengahi kesepakatan tentang undang-undang stimulus virus corona menyarankan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk bertindak sendiri dalam memberikan bantuan kepada orang-orang AS yang terdampak pandemi, setelah pembicaraan dengan pejabat tinggi Demokrat di Kongres gagal pada Jumat (7/8).

Mengutip Reuters, Sabtu (8/8), Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan mereka akan merekomendasikan agar Trump mengeluarkan perintah eksekutif selama akhir pekan untuk melanjutkan peningkatan tunjangan pengangguran, memulihkan moratorium penggusuran dan mengatasi masalah lainnya.

"Presiden ingin kami membuat kesepakatan. Namun sayangnya kami tidak membuat kemajuan apa pun hari ini," kata Mnuchin kepada wartawan setelah dia dan Meadows bertemu dengan Ketua DPR Nancy Pelosi dan pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer selama hampir 90 menit di Capitol Hill seperti diberitakan Reuters. 

Baca Juga: Larangan penggunaan WeChat dan TikTok di AS berpotensi menimbulkan tindakan balasan

Pandemi global memakan korban yang sangat besar di Amerika Serikat, menewaskan lebih dari 160.000 orang dan membuat puluhan juta kehilangan pekerjaan. 

Trump awalnya mengecilkan ancaman penyakit ini dan menuai kritik karena pesan yang tidak konsisten tentang langkah-langkah kesehatan masyarakat seperti jarak sosial dan masker.

Pembicaraan hari Jumat tampaknya menandai berakhirnya negosiasi tertutup yang dilakukan hampir setiap hari selama hampir dua minggu  antara keempat pemimpin, yang telah berusaha untuk menuntaskan kesepakatan tentang undang-undang untuk melanjutkan program bantuan Covid-19 yang berakhir pada akhir Juli.

Demokrat mengatakan mereka menawarkan untuk mengurangi paket bantuan virus corona senilai US$ 3,4 triliun yang diusulkan, yang disahkan DPR pada Mei tetapi Senat mengabaikannya, atau hampir sepertiga jika Partai Republik akan menyetujui lebih dari dua kali lipat tawaran balik US$ 1 triliun mereka.

Negosiator Trump menolak mereka.

"Itu adalah pertemuan yang mengecewakan," kata Schumer kepada wartawan.

Kedua belah pihak mengatakan mereka tetap terbuka untuk negosiasi lebih lanjut.

"Saya akan kembali ke sini kapan saja untuk mendengarkan proposal baru," kata Mnuchin, yang mengidentifikasi hambatan berfokus pada seputar pendanaan untuk pemerintah negara bagian dan lokal dan perpanjangan pembayaran pengangguran yang ditingkatkan, bantuan seumur hidup US$ 600 per minggu bagi mereka yang kehilangan pekerjaan di krisis virus corona.




TERBARU

[X]
×