kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan ini tawarkan 4.000 yen untuk hak cipta wajah, ini syaratnya


Sabtu, 28 November 2020 / 15:51 WIB
Perusahaan ini tawarkan 4.000 yen untuk hak cipta wajah, ini syaratnya
ILUSTRASI. Perusahaan ini tawarkan 4.000 yen untuk hak cipta wajah, ini syaratnya. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Tokyo. Sebuah perusahaan asal Jepang membuat kabar kontroversial yang menggemparkan. Perusahaan itu akan membeli hak atas wajah orang lalu menjadikan hak wajah tersebut sebagai topeng 3 dimensi yang sangat realistis.

Perusahaan bernama Kamenya Omoto tersebut mengumumkan niatnya untuk membeli hak atas wajah orang seharga 40.000 yen atau sekitar Rp 5,4 juta untuk setiap wajah. Produsen dan toko topeng khusus yang berbasis di Tokyo, Jepang, tersebut akan menggunakan hak wajah yang dibeli itu lalu menjadikannya topeng yang sangat realistis.

Setelah dijadikan topeng, perusahaan lalu menjual topeng tersebut dengan harga sekitar 940 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Rabu (25/11/2020).

Pemilik wajah yang dijadikan topeng tersebut juga akan mendapat bagi hasil tambahan jika topeng dari wajahnya terbukti populer di kalangan konsumen. Proyek kontroversial yang bernama That Face tersebut dilaporkan bertujuan untuk memberikan sentuhan fiksi ilmiah pada ide jual beli wajah.

Baca juga: Harga emas hari ini (28/11) di Butik Emas Antam turun Rp 9.000 per gram

Di zaman sekarang, ketika privasi dan data pribadi menjadi lebih penting dari sebelumnya, konsep menjual hak wajah untuk mendapatkan keuntungan tampaknya sangat aneh. Namun, dilihat dari tanggapan yang didapat Kamenya Omoto dalam sebulan terakhir, konsep tersebut ternyata sangat populer.

Setelah mengumumkan rencana untuk membeli hak atas wajah orang-orang untuk proyek “that Face” tersebut, Kamenya Omoto dibanjiri oleh tawaran dan pertanyaan tentang proyek tersebut. Meski proyeknya terbatas di Tokyo, minat dari penduduk yang ingin menjual hak wajahnya ternyata sangat besar.

Sehingga perusahaan memutuskan untuk memilih wajah melalui undian. Siapa pun yang berusia di atas 20 tahun dan berbasis di Tokyo dapat mengajukan untuk menjual wajah mereka ke perusahaan tersebut.

Tetapi pihak perusahaan menjelaskan bahwa mereka yang terpilih tidak diizinkan untuk mengungkapkan identitas mereka. Kamenya Omoto juga setuju untuk tidak mengungkapkan informasi pribadi penjual hak wajahnya kepada siapa pun di luar proses pembuatan topeng.

Pelanggan yang tertarik untuk membeli topeng dari wajah orang lain dapat melakukan pre-order. "Kami akan membeli dan menjual wajah Anda. Cerita fiksi ilmiah kini telah menjadi kenyataan,” tulis Kamenya Omoto melalui situs web-nya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perusahaan Ini Siap Beli “Hak Wajah” Rp 5,4 Juta untuk Dijadikan Topeng Realistis",


Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Selanjutnya: Rakyat Thailand semakin berani menentang tabu, sang raja digugat




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×