kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,10   -24,63   -2.56%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Warren Buffett, Berkshire Hathaway Penen Laba dari Asuransi dan Investasi


Senin, 26 Februari 2024 / 08:00 WIB
Perusahaan Warren Buffett, Berkshire Hathaway Penen Laba dari Asuransi dan Investasi
ILUSTRASI. Nama : Warren Buffett ;Lahir : Omaha, Nebraska, Amerik, 30 Agustus 1930 Kekayaan : US$ 83,4 miliar Aset dikelola : US$ 702,1 miliar Perusahaan : CEO Berkshire Hathaway Keterangan : - Nama Warren Buffet sudah tidak asing lagi di telinga para investor, pengusaha atau para penentu kebijakan negara di dunia. Namanya dikenal luas sebagai investor paling sukses dalam sejarah investasi di dunia. Buffet memulai usahanya dengan jumlah uang yang kecil, dan saat ini nilai investasinya mencapai US$ 85 miliar. Buffett terus-menerus direferensikan dalam semua jenis publikasi keuangan, dan para investor yang menaruh harapan menerima nasihatnya dengan sangat serius. - Mendapat julukan sebagai 'Penyihir dari Omaha', sesederhana apapun komentar Buffet di media (terutama di majalah Forbes dan Business Insider), membuat pasar bergerak liar ke dua arah. Tangan dingin Buffet dalam berinvestasi, mengantarkan ia sebagai salah satu orang terkaya di Amerika dan dunia. Sumbangan amalnya ke 5 Yayasan senilai Rp 48 triliun pada akhir tahun lalu, menurunkan urutan nya menjadi orang terkaya keempat di Amerika. Sedangkan jumlah sumbangan amal yang dilakukannya sejak tahun 2006, tercatat tidak kurang dari Rp 400 triliun yang disalurkan ke 5 Yayasan. Sumber foto : thegriffingroupe.com


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON - Berkshire Hathaway perusahaan milik taipan Warren Buffett, (BRKa.N), pada hari Sabtu melaporkan kinerja keuangan dengan lonjakan laba operasional. 

Lonjakan laba operasional tahunan ini merupakan rekor kedua berturut-turut. Adapun penopang tertinggi kenaikan laba berasal dari bisnis asuransinya mendapat manfaat dari perbaikan dalam underwriting dan pendapatan yang lebih tinggi dari investasi seiring dengan kenaikan suku bunga.

Pendapatan bersih juga mencapai rekor US$ 96,2 miliar, karena pasar saham yang meningkatkan nilai portofolio ekuitas Berkshire senilai US$ 354 miliar, separuhnya di dalam saham Apple (AAPL.O).

Dalam surat tahunan kepada para pemegang saham Berkshire, Buffett mengatakan bisnis asuransi Berkshire tampil "secara luar biasa". 

Baca Juga: Berkshire Hathaway Perusahaan Warren Buffett Jual 10 Juta Lembar Saham Apple

Di antaranya, Geico, di mana kualitas underwriting yang lebih baik membantunya lebih dari membalikkan kerugian tahun sebelumnya.

Kondisi ini membantu mengimbangi penurunan laba kuartal keempat dan laba tahunan penuh di bisnis jalan kereta api BNSF, di mana kenaikan upah dan biaya perawatan meningkat. Seiring dengan itu terjadi penurunan pendapatan. 

Sementara Berkshire Hathaway Energy, yang dihantui oleh litigasi kebakaran hutan dan iklim regulasi yang lebih keras.

Namun, Buffett tetap memberi jaminan kepada para investor bahwa "konservatisme fiskal yang ekstrim" dari konglomerasi sekitar US$ 903 miliarnya - termasuk posisi kas saat ini yang mencapai rekor US$ 167,6 miliar - akan melayani mereka dengan baik.

Baca Juga: Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Borong 20% Saham Pilot Milik Keluarga Haslam

Laba operasional Berkshire tercatat naik 28% menjadi US$ 8,48 miliar, atau sekitar US$ 5.884 per saham Kelas A, di kuartal keempat. 

Pencapaian ini melampaui perkiraan rata-rata analis sebesar US$ 5.471 per saham menurut LSEG IBES.

Selama tahun terakhir, laba operasional naik 21% menjadi US$ 37,4 miliar.

"Hasil tersebut mencerminkan nilai dari memiliki koleksi bisnis operasional yang terdiversifikasi," kata analis Edward Jones, Jim Shanahan.

Dia mengatakan Geico mendapat manfaat dari kemauan untuk menyerahkan pangsa pasar dengan menulis kebijakan yang lebih sedikit berisiko, sambil juga memangkas biaya iklan.

Posisi kas membantu bisnis asuransi Berkshire, yang memiliki US$ 169 miliar "float," menghasilkan 38% lebih banyak pendapatan investasi dalam kuartal tersebut, seiring dengan Federal Reserve meningkatkan suku bunga jangka pendek untuk menahan inflasi.

Hasil tersebut juga termasuk sebagian dari pendapatan Occidental Petroleum (OXY.N), dari kepemilikan Berkshire sekitar 28% di perusahaan minyak itu.

Buffett mengatakan Berkshire berencana untuk tetap mempertahankan kepemilikannya untuk waktu yang tidak terbatas tetapi tidak "berminat" untuk membeli semua saham Occidental. Berkshire juga merupakan investor besar di perusahaan minyak Chevron (CVX.N.)

"Ia mempertahankan portofolio yang sangat defensif dan menghasilkan bunga, serta membeli saham-saham minyak," kata Bill Smead, seorang investor Berkshire jangka panjang yang menjalankan Smead Capital Management di Phoenix.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×