kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat Bersengketa, Berkshire Hathaway Beli 20% Saham Pilot Milik Keluarga Haslam


Jumat, 19 Januari 2024 / 05:20 WIB
Sempat Bersengketa, Berkshire Hathaway Beli 20% Saham Pilot Milik Keluarga Haslam
ILUSTRASI. Logo Berkshire Hathaway


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Perusahaan milik investor kawakan Warren Buffett, yaitu Berkshire Hathaway, membuka lembaran baru dengan membeli 20% saham bisnis pemberhentian truk Pilot yang belum dimilikinya dari keluarga Haslam. Hal ini terjadi setelah menyelesaikan gugatan mengenai seberapa banyak yang harus dibayar.

Ketentuan transaksi tidak diungkapkan oleh Berkshire atau Haslam dalam pernyataan terpisah pada hari Selasa.

Gugatan tersebut melibatkan pertikaian antara Buffett dan sesama miliarder Jimmy Haslam, yang juga merupakan pemilik tim sepak bola Cleveland Browns.

Pada tahun 2017, Berkshire membayar sebesar US$ 2,76 miliar untuk memperoleh 38,6% saham Pilot, dan pada bulan Januari tahun lalu, mereka mengeluarkan US$ 8,2 miliar untuk 41,4% saham tambahan.

Baca Juga: Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Borong 20% Saham Pilot Milik Keluarga Haslam

Keluarga Haslam memiliki batas waktu 60 hari setiap tahunnya untuk menjual 20% sisanya saham Pilot, dengan harga yang ditentukan berdasarkan keuntungan perusahaan yang berbasis di Knoxville, Tennessee.

Dalam gugatan di Pengadilan Delaware Chancery, kedua belah pihak saling menuduh terkait manipulasi akuntansi Pilot. Keluarga Haslam mengklaim bahwa Berkshire meremehkan nilai sahamnya, sementara Berkshire khawatir akan membayar lebih.

Sidang yang awalnya dijadwalkan pada 8 Januari telah dilakukan sebelum penyelesaian, yang diumumkan sehari sebelumnya. Kasus ini resmi dihentikan pada hari Selasa.

Pilot, yang memiliki sekitar 800 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada, berhasil menjual sebanyak 13 miliar galon bahan bakar pada tahun 2022.

Pembelian ini menambah laba Berkshire sebanyak US$ 380 juta dalam sembilan bulan pertama tahun 2023.

Baca Juga: Pengadilan Delaware Sidangkan Sengketa Bisnis Berkshire dan Keluarga Haslam Januari

Buffett, dalam pertemuan tahunan Berkshire bulan Mei tahun lalu, menyatakan harapannya untuk dapat membeli seluruh saham Pilot, yang awalnya dimulai dengan pembelian sebesar US$ 2,76 miliar pada tahun 2017. Namun, keluarga Haslam pada saat itu tidak bersedia menjualnya.

Berkshire mungkin akan mengungkapkan harga pembelian ini dalam laporan tahunannya yang diperkirakan akan dirilis pada akhir Februari.

Hingga hari Rabu, Berkshire belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar. Sedangkan juru bicara Haslam menolak untuk memberikan komentar.

Meskipun nilai pasar konglomerat Buffett yang berbasis di Omaha, Nebraska, mencapai lebih dari US$ 780 miliar, kemungkinan besar, transaksi Pilot tidak akan dianggap sebagai hal yang material.

Baca Juga: Perusahaan Pangkalan Truk Pilot Flying J Gugat Berkshire Hathaway Milik Buffett

Pendiri Pilot, Jim Haslam, ayah dari Jimmy Haslam, mendirikan perusahaan ini pada tahun 1958 setelah membayar US$ 6.000 untuk sebuah pompa bensin di Virginia. Keluarga ini juga melibatkan mantan Gubernur Tennessee, Bill Haslam.




TERBARU

[X]
×