kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesawat jatuh di dekat Moskow Rusia, 71 penumpang tewas


Senin, 12 Februari 2018 / 09:48 WIB
Pesawat jatuh di dekat Moskow Rusia, 71 penumpang tewas
Lokasi jatuhnya pesawat Saratov Airlines


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Sebuah pesawat jet yang dioperasikan Saratov Airlines jatuh di wilayah Moskow pada Minggu (11/2). Pada kecelakaan tersebut, 71 penumpang dinyatakan tewas.

Kantor berita Rusia Interfax mengatakan, jet An-148 yang menuju Orsk di Rusia selatan, menghilang dari radar sesaat setelah meninggalkan Bandara Domodedovo Moskow. Menurut Interfax, saksi mata melihat sebuah pesawat yang terbakar jatuh ke tanah di wilayah Moskow.

"Puing-puing telah ditemukan, tidak ada korban selamat," demikian laporan dari kantor berita TASS mengutip sebuah pernyataan seorang sumber. Belum diketahui apa yang menyebabkan kecelakaan yang terjadi di distrik Ramenskoye di wilayah Moskow tersebut.

Laporan AP menulis, Menteri transportasi Rusia mengkonfirmasi, tidak ada korban selamat dari kecelakaan tersebut. Pilot jet regional tersebut tidak melaporkan adanya masalah sebelum kecelakaan terjadi.

Menurut TASS, ada 65 penumpang dan enam awak kapal yang berada di pesawat 703 dan tidak ada korban selamat dari kecelakaan tersebut.

Interfax menambahkan, mengutip Kementerian Transportasi Rusia, ada  beberapa teori yang dipertimbangkan dalam menganalisa kecelakaan tersebut, termasuk kondisi cuaca dan faktor manusia.

Berdasarkan laporan TASS, yang mengutip juru bicara presiden Dmitry Peskov, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyampaikan rasa duka cita atas jatuhnya korban dalam kecelakaan tersebut dan telah menginstruksikan pemerintah membentuk sebuah komisi khusus untuk menyelidiki insiden tersebut.

Radar Penerbangan 24, yang melacak pergerakan pesawat, mengatakan pesawat tersebut turun dari 6.200 kaki menjadi 3.500 kaki sebelum sinyal komunikasi satelit hilang sekitar 20 kilometer tenggara Domodedevo. Pesawat Antonov An-148 baru digunakan selama tujuh tahun.

Saratov Airlines belum mau berkomentar atas kejadian ini.

Kecelakaan pesawat terbang 703 kian menambah daftar panjang kecelakaan pesawat dunia. Bulan lalu, perusahaan konsultan penerbangan Belanda To70 mengatakan, 2017 merupakan tahun perjalanan udara yang paling aman yang pernah tercatat, di mana tidak ada korban kecelakaan pada jet penumpang komersial di tahun tersebut.

Jika jumlah korban tewas akibat kecelakaan tersebut dikonfirmasi, hal itu akan menjadikan insiden kecelakaan pesawat di Moskow sebagai insiden jet penumpang paling mematikan sejak pesawat LaMia membawa tim sepak bola Brasil jatuh di dekat Medellin, Kolombia pada November 2016.

Pada Desember 2016, sebuah pesawat militer Rusia jatuh ke Laut Hitam, tak lama setelah lepas landas dari Sochi. Pesawat tersebut mengangkut lebih dari 90 orang dan menerbangkan band tentara yang menuju Suriah untuk menghibur pasukan.




TERBARU

[X]
×