Peter Lynch dan Saham Berkapitalisasi Kecil yang Beri Keuntungan Besar

Jumat, 17 Desember 2021 | 10:29 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Peter Lynch dan Saham Berkapitalisasi Kecil yang Beri Keuntungan Besar

ILUSTRASI. Peter Lynch dan saham berkapitalisasi kecil yang beri keuntungan besar


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Beberapa investor mungkin secara rutin mengabaikan perusahaan kecil ketika mengelola portofolio mereka karena berbagai alasan, termasuk tidak terbiasa dengan produk mereka dibandingkan dengan perusahaan besar atau persepsi bahwa rasio risiko-keuntungan dari perusahaan kecil kurang menguntungkan dibandingkan saham berkapitalisasi besar.

Namun, saham berkapitalisasi kecil dapat menawarkan potensi investasi jangka panjang karena beberapa alasan. Memang, saham perusahaan kecil dapat dilewatkan oleh para profesional investasi maupun investor swasta.

Melansir Guru Focus, Jumat (17/12). Ini bisa berarti kurangnya cakupan penelitian tentang kinerja keuangan mereka di masa lalu dan prospek masa depan. 

Akibat dari hal ini mungkin harga saham yang kurang akurat mewakili pandangan perusahaan. Ini bisa berarti margin keamanan yang lebih luas, kadang-kadang, bisa ditawarkan.

Baca Juga: Peter Lynch ingatkan investor aktif lebih untung daripada pasif di pasar saham

Selain itu, perusahaan yang lebih kecil dapat menawarkan prospek pertumbuhan yang lebih kuat daripada saham perusahaan besar yang lebih besar.

Menurut definisi, operasi mereka lebih kecil dalam ukuran dan skala. Ini bisa berarti ada peluang lebih besar untuk tumbuh dibandingkan dengan bisnis yang telah mengalami fase kemajuan pesat. 

Selain itu, beberapa perusahaan kecil mungkin lebih muda dari rekan-rekan mereka yang lebih mapan dan lebih besar. Kurangnya kedewasaan mereka mungkin berarti mereka memiliki ruang lingkup yang lebih besar untuk berekspansi ke wilayah baru dan segmen produk baru.

Peter Lynch memiliki karir yang panjang dalam berinvestasi di perusahaan-perusahaan kecil. Dia memberikan pengembalian tahunan 29% antara 1977 dan 1990 ketika mengelola Dana Magellan. 

Lynch sebelumnya telah mengomentari daya tarik saham berkapitalisasi kecil. Dia berkata, "Perusahaan besar memiliki langkah kecil, perusahaan kecil memiliki langkah besar."

Baca Juga: Rahasia Sukses Investasi ala Peter Lynch #1

Meskipun sudut pandang Lynch memiliki kelebihan, perusahaan yang lebih kecil dapat menghadirkan risiko yang lebih tinggi daripada yang lebih besar. Misalnya, prospek keuangan mereka mungkin kurang tangguh karena ketergantungan pada kelompok pelanggan yang lebih kecil atau karena mereka beroperasi di wilayah geografis yang lebih terbatas. 

Demikian pula, mereka mungkin memiliki posisi keuangan yang lebih lemah karena ukurannya yang lebih kecil. Ini bisa berarti mereka merasa lebih sulit untuk mengatasi periode kondisi operasi yang lebih lemah yang tidak mempengaruhi saingan yang lebih besar pada tingkat yang sama.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru