kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PM Inggris Mengaku Terkejut, Pangeran William Akan Ambil Beberapa Tugas Kerajaan


Selasa, 06 Februari 2024 / 15:35 WIB
PM Inggris Mengaku Terkejut, Pangeran William Akan Ambil Beberapa Tugas Kerajaan
ILUSTRASI. Raja Charles dari Inggris meninggalkan Westminster Abbey setelah upacara penobatannya di London, Inggris 6 Mei 2023. PM Inggris Mengaku Terkejut, Pangeran William Akan Ambil Beberapa Tugas Kerajaan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  LONDON. Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengatakan ia terkejut atas diagnosis kanker yang menimpa Raja Charles, serta harapannya agar sang raja dapat pulih dengan cepat setelah penyakit tersebut terdeteksi secara dini. 

Istana Buckingham mengumumkan pada hari Senin bahwa Charles akan menunda keterlibatan publiknya untuk menjalani perawatan, setelah didiagnosis menderita kanker pada usia 75 tahun.

Putra bungsu Charles, Pangeran Harry, yang telah diasingkan dari keluarga kerajaan, segera akan tiba di Inggris. Sementara itu, Pangeran William, pewaris takhta, diperkirakan akan mengambil beberapa tugas kerajaan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Pangeran William dari Inggris Diskusikan Perubahan Iklim dengan Sekjen PBB

Sunak, dalam wawancara dengan Radio BBC, menyatakan kekagetannya dan kesedihannya atas berita tersebut, serta menyampaikan bahwa seluruh pikirannya bersama dengan Charles dan keluarganya. Dia juga mengapresiasi fakta bahwa penyakit tersebut terdeteksi secara dini.

Meskipun sedang menjalani perawatan, Charles berencana untuk melanjutkan sebagian besar pekerjaan pribadinya sebagai raja, termasuk pertemuan rutin dengan perdana menteri. Sunak menegaskan bahwa kontak rutin tetap terjaga antara mereka.

Charles telah kembali ke rumahnya setelah menjalani perawatan rawat jalan untuk apa yang diistana deskripsikan sebagai "suatu bentuk kanker". 

Penyakit ini terungkap setelah masa perawatan sebelumnya untuk pembesaran prostat jinak bulan lalu. Meskipun demikian, detail lebih lanjut tentang jenis kanker yang dideritanya tidak diungkap.

Baca Juga: Lakukan Perombakan Kabinet, PM Inggris Rishi Sunak Pecat Menteri Dalam Negeri

Diagnosis yang mengejutkan ini menjadi berita utama di surat kabar Inggris pada hari Selasa. "Kejutan bangsa saat pengobatan dimulai" menjadi judul utama di surat kabar tabloid The Sun.

Ini merupakan pukulan tambahan bagi Charles setelah setahun setengah masa pemerintahannya. Awal tahun lalu, Pangeran Harry menerbitkan otobiografinya yang kontroversial, "Spare", yang mengungkapkan banyak hal tentang ayah dan kakaknya. 

Sementara itu, Charles juga harus menghadapi kontroversi seputar Pangeran Andrew terkait kasus Jeffrey Epstein.

Harry, yang tinggal di California bersama istri Amerikanya, Meghan, dan dua anaknya setelah mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada tahun 2020, diperkirakan akan kembali ke Inggris.

Baca Juga: PM Inggris Rishi Sunak Menderita Kekalahan Telak dalam Pemilu Sela

Dalam komentar mereka terhadap pengumuman tersebut, surat kabar Telegraph menyatakan bahwa mereka mendoakan kesembuhan yang cepat bagi sang raja, sambil menyoroti harapan akan masa depan yang tenang dan konsolidasi setelah periode pergolakan yang baru saja dilalui oleh keluarga kerajaan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×