kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PMI Korea Selatan pada Bulan Agustus Berada di Level Terendah dalam 2 Tahun


Kamis, 01 September 2022 / 08:07 WIB
PMI Korea Selatan pada Bulan Agustus Berada di Level Terendah dalam 2 Tahun


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Aktivitas pabrik di Korea Selatan menyusut pada bulan Agustus 2022 dengan laju paling tajam dalam 2 tahun. Hasil survei sektor swasta menunjukkan, melemahnya permintaan di tengah inflasi yang tinggi, kenaikan suku bunga dan perang di Ukraina.

Indeks manajer pembelian (PMI) S&P Global turun ke level 47,6 yang disesuaikan secara musiman pada Agustus, dari posisi 49,8 pada Juli. Ini membuatnya tetap di bawah angka 50, yang memisahkan ekspansi dari kontraksi aktivitas pabrik untuk bulan kedua dan mencapai level terendah sejak Juli 2020.

Output dan pesanan baru melemah paling tajam sejak Juni 2020, sementara pesanan ekspor baru turun paling tajam sejak Juli 2020.

"Perusahaan sering mengomentari kekhawatiran bahwa ekonomi akan terus berkinerja buruk di tengah permintaan yang lemah dan kondisi ekonomi global yang menantang," kata Usamah Bhatti, ekonom di S&P Global Market Intelligence.

Baca Juga: Aktivitas Pabrik China Kembali Melambat Pada Agustus 2022

"Prospek output selama tahun mendatang meredup pada Agustus karena kekhawatiran bahwa perlambatan ekonomi akan semakin dalam tumbuh di antara produsen, sementara bisnis juga mencatat dampak inflasi dan perang di Ukraina."

Permintaan yang lebih lemah memang membantu mengurangi tekanan harga. Harga input dan output naik masing-masing pada tingkat paling lambat dalam 19 dan 18 bulan.

Ada juga tanda-tanda peningkatan hambatan rantai pasokan. Waktu pengiriman pemasok, yang menunjukkan tingkat gangguan, memburuk, tetapi paling tidak dalam 21 bulan, sementara tumpukan pekerjaan menurun untuk pertama kalinya dalam 22 bulan, karena perusahaan dapat menyelesaikan pekerjaan di tengah arus masuk yang lemah dari pemasok baru. perintah.

Produsen tetap optimis selama tahun mendatang untuk output, tetapi tingkat optimisme adalah yang terlemah sejak Oktober tahun lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×