Presiden Prancis Macron dekati India bahas kerjasama Indo-Pasifik

Rabu, 22 September 2021 | 14:19 WIB Sumber: Reuters
Presiden Prancis Macron dekati India bahas kerjasama Indo-Pasifik

ILUSTRASI. Presiden Prancis Macron dekati India bahas kerjasama Indo-Pasifik


KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Selasa membahas kerja sama di kawasan IndoPasifik dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, ketika Prancis menangani dampak dari pembatalan pesanan kapal selam Prancis senilai US$ 40 miliar oleh Australia.

Melansir Reuters, (22/9), kedua pemimpin mengadakan percakapan telepon pada hari Selasa, kata sebuah pernyataan dari kantor Macron, di mana mereka juga membahas masalah-masalah seperti krisis di Afghanistan.

Pekan lalu, Prancis menarik duta besarnya dari Amerika Serikat dan Australia setelah Australia membatalkan kesepakatan kapal selam nuklir sebelumnya dengan Prancis. Baca selengkapnya

Baca Juga: Perdagangan bebas UE-Australia bisa bermasalah pasca pembatalan proyek kapal selam

Australia mengatakan pekan lalu bahwa mereka akan membatalkan kesepakatan awal 2016 dengan Grup Angkatan Laut Prancis untuk membangun armada kapal selam konvensional, dan sebaliknya akan membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi AS dan Inggris setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral. Prancis menyebutnya menusuk dari belakang. Baca selengkapnya

China pada gilirannya mengecam aliansi keamanan Indo-Pasifik baru antara Amerika Serikat, Inggris dan Australia, memperingatkan perlombaan senjata yang intensif di wilayah tersebut.

Selanjutnya: Kemajuan pengembangan rudal jelajah militer Inggris dan Prancis jadi korban AUKUS

 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru