kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Punya pemikiran funky, Warren Buffett seorang psikopat?


Rabu, 20 November 2019 / 09:38 WIB
Punya pemikiran funky, Warren Buffett seorang psikopat?
ILUSTRASI. Nama : Warren Buffett ;Lahir : Omaha, Nebraska, Amerik, 30 Agustus 1930 Kekayaan : US$ 83,4 miliar Aset dikelola : US$ 702,1 miliar Perusahaan : CEO Berkshire Hathaway . Sumber foto : thegriffingroupe.com

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Menurut sebuah studi di Sekolah Pascasarjana Bisnis Universitas Stanford, jenis orang yang membuat keputusan investasi terbaik adalah seorang "psikopat fungsional."

Apa yang membuat psikopat fungsional berhasil berinvestasi adalah ketidakmampuan mereka untuk mengalami dan merespons emosi. Jadi, sementara banyak dari kita menyerah pada ketakutan atau keserakahan ketika membeli dan menjual saham - atau ketika tidak menjual, atau tidak membeli - psikopat fungsional umumnya tidak mengalami hal itu.

Baca Juga: Warren Buffett: Orang lain membaca Playboy, saya membaca laporan keuangan

Menurut laporan Bloomberg News, "Hasil ini membantu menjelaskan 'puzzle premium equity,' atau mengapa lebih banyak orang berinvestasi dalam obligasi daripada saham, ketika ekuitas secara historis menawarkan pengembalian rata-rata yang lebih tinggi. ... Seorang penulis penelitian mencatat, 'Investor tidak bertindak dalam kepentingan finansial terbaik mereka sendiri. Semua penelitian menunjukkan bahwa, bahkan setelah memperhitungkan fluktuasi pasar, secara keseluruhan, orang lebih baik berinvestasi dalam saham dalam jangka panjang. '"

Buffett dan emosi

Bukan hanya akademisi yang memperingatkan bahwa emosi mengganggu kinerja. Lihatlah Warren Buffett dari Berkshire Hathaway. Apakah dia seorang psikopat? Caranya yang sangat rasional dalam berinvestasi dan menghilangkan emosi menunjukkan bahwa dia mungkin memiliki beberapa kesamaan dengan orang-orang yang memiliki gelombang otak yang funky.

Baca Juga: Apakah Warren Buffett berinvestasi di emas? Ini jawabannya...



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×