kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Resmi, Hagia Sophia di Turki akan kembali berfungsi sebagai masjid


Sabtu, 11 Juli 2020 / 08:02 WIB
Resmi, Hagia Sophia di Turki akan kembali berfungsi sebagai masjid
ILUSTRASI. Resmi, Hagia Sophia di Turki akan kembali digunakan sebagai masjid

Sumber: Al Jazeera | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - ISTANBUL. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, akhirnya resmi mengumumkan bahwa Hagia Sophia akan kembali digunakan sebagai masjid. Melansir Al Jazeera, Erdogan menganggap penggunaan bangunan bersejarah tersebut sebagai museum merupakan tindakan yang ilegal.

Erdogan menyampaikan pengumuman ini pada hari Jumat (10/7) waktu setempat, satu jam setelah putusan pengadilan diturunkan.

"Keputusan itu diambil untuk menyerahkan pengelolaan Masjid Ayasofya, kepada Direktorat Urusan Agama dan membukanya kembali untuk (kegiatan) ibadah," ungkap Erdogan dalam surat resmi yang dibagikannya lewat Twitter.

Baca Juga: Antara masjid dan museum, fungsi Hagia Sophia akan ditentukan di pengadilan

Sudah sejak lama Erdogan memang menginginkan kembalinya fungsi masjid pada Hagia Sophia. Bahkan sejak masa kampanye presiden tahun lalu ia berulang kali menyebut kalau alih fungsi Hagia Sophia menjadi museum adalah sebuah kesalahan besar.

Sebelum keputusan ini disahkan, Pengadilan Tinggi Turki juga sudah mencabut status Hagia Sophia sebagai museum. Dewan Negara resmi membatalkan keputusan kabinet tahun 1934 yang mendefinisikan bangunan berusia 1.500 tahun ini sebagai museum.

Baca Juga: Museum Hagia Sophia di Turki akan dijadikan masjid lagi, AS tak setuju

"Keputusan kabinet tahun 1934 yang mengakhiri penggunaannya (Hagia Sophia) sebagai masjid dan mendefinisikannya sebagai museum merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan hukum," ungkap pengadilan administrasi tinggi Turki seperti dikutip dari Al Jazeera.

Dibukanya kembali Hagia Sophia sebagai masjid ini akan menjadi babak baru dalam perjalanan sejarah dan politik Turki.

Bisa jadi ini adalah upaya Erdogan untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin negara. Seperti kita ketahui, Erdogan memang dikenal memiliki pengaruh Islam yang sangat kuat di Turki.

Erdogan sebelumnya juga sempat menyatakan bahwa ia ingin melihat Hagia Sophia terbuka untuk ibadah umat Muslim pada tanggal 15 Juli mendatang. Tanggal tersebut merupakan peringatan upaya kudeta yang gagal tahun 2016 silam.

Sekarang masyarakat Turki sudah siap menyambut dibukanya kembali Masjid Hagia Sophia yang bersejarah.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×