kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga AS membayar mahal atas berlakunya tarif dagang Trump, bukan warga China


Selasa, 26 November 2019 / 10:09 WIB
Warga AS membayar mahal atas berlakunya tarif dagang Trump, bukan warga China
ILUSTRASI. Perang dagang AS dengan China. REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ketika pemerintahan Trump memberlakukan tarif pada barang-barang impor China tahun lalu, para pejabat AS bersikeras bahwa China yang akan membayar biayanya. Pernyataan ini menyiratkan bahwa perusahaan-perusahaan China harus memangkas harga produk mereka untuk menyerap penerapan pajak impor hingga 25% ketika barang-barang tersebut menyentuh pantai AS.

Namun kenyataannya, harga yang ditetapkan perusahaan China hampir tidak bergerak. Ini artinya, perusahaan dan konsumen AS lah yang akhirnya menanggung biaya tarif yang diperkirakan sekitar US$ 40 miliar per tahun. Hal ini diungkapkan oleh  peneliti Fed Reserve Bank New York yang merilis hasil risetnya pada hari Senin (25/11).

Sebagai akibat dari perang dagang AS-China, Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan menambahkan sebanyak 25% pada harga impor saat barang-barang China masuk ke negara itu. Jika perusahaan China menyerap biaya itu, mereka harus memotong harga produk mereka sebanyak 20% -tingkat yang memungkinkan pengecer, produsen, atau pedagang besar AS menjaga harga dan keuntungan mereka tetap stabil.

Baca Juga: Global market: Wall Street rekor, dollar perkasa, harga emas anjlok

Tapi lagi-lagi, bukan itu yang terjadi.

Melansir Reuters, data impor dari Juni 2018 hingga September 2019 menunjukkan harga impor barang China hanya turun 2%. Hasil riset menemukan, hal ini sejalan dengan penurunan harga yang terlihat di banyak negara lain karena perdagangan global melambat.

"Berlanjutnya stabilitas harga impor untuk barang-barang dari China berarti perusahaan dan konsumen AS harus membayar tarif," tulis tim peneliti The Fed.

Baca Juga: Optimisme perang dagang, harga emas jatuh ke posisi terendah dua pekan

Para peneliti tidak memperkirakan bagaimana biaya itu dibagi antara laba yang lebih rendah untuk perusahaan AS atau harga konsumen yang lebih tinggi.

Namun penelitian tersebut menemukan, bahwa China merasakan dampak kenaikan tarif.

Bagian China atas impor mesin dan peralatan listrik AS telah turun sekitar dua persentase poin sejak 2017, dan bagian dari impor elektronik AS telah turun sebesar enam persentase poin.




TERBARU

[X]
×