kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rombongan Kim Jong Un Tiba di Rusia


Selasa, 12 September 2023 / 13:53 WIB
Rombongan Kim Jong Un Tiba di Rusia
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, didampingi pejabat pemerintah, meninggalkan Pyongyang, Korea Utara, untuk mengunjungi Rusia, 10 September 2023,(Dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 12 September 2023)


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, beserta rombongan pejabatnya tiba di Rusia pada hari Selasa (12/9) pagi waktu setempat untuk mengikuti pertemuan puncak dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, mengkonfirmasi bahwa Kim telah meninggalkan Pyongyang menuju Rusia dengan menggunakan kereta api pada Minggu sore. Kim ditemani para pejabat terkemuka dari partai yang berkuasa di Korea Utara dan angkatan bersenjata.

Foto-foto yang dirilis oleh KCNA menunjukkan Kim didampingi oleh Menteri Luar Negeri Choe Son-hui, serta pejabat tinggi militer Ri Pyong-chol dan Pak Jong-chon.

Baca Juga: Kim Jong Un Diprediksi Akan Temui Putin untuk Bicarakan Kesepakatan Senjata

Sementara itu, media Rusia, Vesti Primorye, juga melaporkan bahwa kereta Kim tiba di kota perbatasan Khasan pada hari Selasa dan sedang dalam perjalanan ke kota Ussuriysk di Timur Jauh.

Media tersebut melaporkan bahwa kereta mewah yang ditumpangi Kim melewati stasiun Khasan Selasa pagi dan sudah berada di wilayah Primorsky Krai.

Kabar lain juga datang dari kanal televisi negara Rusia, RIA. Kereta lapis baja yang ditumpangi para pejabat Pyongyang telah melintasi jembatan kereta api di atas Sungai Razdolnaya di Primorsky Krai dan bergerak ke utara pada Selasa pagi.

Spekulasi menyebutkan bahwa rombongan akan melakukan perjalanan ke kota lain terlebih dahulu sebelum menuju ke Vladivostok.

Baca Juga: Kremlin Konfirmasi Pertemuan Tingkat Tinggi antara Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Kunjungan Kim ke Korea Utara dikonfirmasi oleh juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada hari Senin (11/9). Kremlin juga memastikan bahwa ini akan menjadi kunjungan skala penuh.

"Akan ada pembicaraan antara kedua delegasi. Dan setelah itu, jika diperlukan, para pemimpin akan melanjutkan komunikasinya dalam format one-on-one," kata Peskov, dikutip Reuters.

Menurut Peskov, topik utama pembicaraan adalah hubungan bilateral antar negara tetangga dengan tujuan dasar untuk memperkuat persahabatan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×