kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia: Memasok Jet F-16 ke Ukraina akan Membawa Risiko Besar Bagi Barat


Senin, 22 Mei 2023 / 07:33 WIB
Rusia: Memasok Jet F-16 ke Ukraina akan Membawa Risiko Besar Bagi Barat
ILUSTRASI. Negara-negara Barat akan menghadapi risiko besar jika mereka memasok Ukraina dengan jet tempur F-16. REUTERS/Josh Smith


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Negara-negara Barat akan menghadapi "risiko besar" jika mereka memasok Ukraina dengan jet tempur F-16. Hal tersebut diberitakan oleh kantor berita TASS yang mengutip pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko.

Mengutip Reuters, Grushko menanggapi pertanyaan tentang implikasi penyediaan jet, yang diminta Ukraina dari negara-negara NATO.

Ukraina memang belum memenangkan komitmen untuk pengiriman pesawat. Akan tetapi, menurut pejabat AS, Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada para pemimpin G7 pada hari Jumat bahwa Washington mendukung program pelatihan sekutu bersama untuk pilot Ukraina dengan F-16.

"Kami melihat bahwa negara-negara Barat masih mengikuti skenario eskalasi. Ini melibatkan risiko yang sangat besar bagi diri mereka sendiri," kata Grushko.

Dia menambahkan, "Bagaimanapun, ini akan diperhitungkan dalam semua rencana kami, dan kami memiliki semua sarana yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah kami tetapkan."

Baca Juga: Bertemu Zelenskyy, Jokowi: Indonesia Terus Dukung Perdamaian di Ukraina

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Angkatan Udara Ukraina Kolonel Yuri Ignat mengatakan kepada Espreso TV, 

"Kami akan memenangkan perang ini begitu Kyiv mengerahkan pesawat tempur F-16, karena mereka dapat memberikan perlindungan pertahanan di area yang berada di luar jangkauan rudal anti-pesawat."

“Kami membutuhkan F-16 untuk menjadi bagian integral dari pertahanan udara kami. Pesawat tempur ini dapat menyerang target udara baik dari ketinggian tinggi maupun rendah,” katanya, seraya menambahkan bahwa jet tersebut dapat membawa senjata canggih.

Baca Juga: Undang Zelenskiy ke Jepang, Negara G7 Mendukung Perlawanan Ukraina Melawan Rusia

Dia juga bilang, dengan memanfaatkan F-16, pasukan darat Ukraina akan dapat dengan cepat membebaskan wilayah Ukraina yang diduduki dengan menargetkan pos komando musuh, kelompok militer, dan rantai pasokan logistik.




TERBARU

[X]
×