kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -898,02   -100.00%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat Pasar IPO AS Melemah, Pusat Aktivitas IPO Dunia Bergeser ke Asia Tahun Ini


Minggu, 18 September 2022 / 13:15 WIB
Saat Pasar IPO AS Melemah, Pusat Aktivitas IPO Dunia Bergeser ke Asia Tahun Ini
ILUSTRASI. Pusat aktivitas IPO dunia bergeser ke Asia di tahun ini. (Photo by Budrul Chukrut / SOPA Images)


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Pusat aktivitas IPO dunia bergeser ke Asia di tahun ini, karena gelombang volatilitas dan kemerosotan pasar saham telah melumpuhkan hampir setiap perusahaan publik besar AS.

Dilansir dari Bloomberg, listing saham di Asia telah mengumpulkan US$ 104 miliar tahun ini, terhitung 68% dari volume global. Sebaliknya, IPO AS hanya mewakili 14% dari US$ 153 miliar yang diambil secara global, terendah yang pernah ada yang secara tradisional menjadi pasar listing tersibuk di dunia.

Salah satu bursa tersibuk adalah China, yang terus meningkat dengan cepat bahkan ketika kenaikan suku bunga dan prospek resesi membatasi penjualan saham pertama kali di sebagian besar pasar utama. Dari 10 listing terbesar secara global tahun ini, enam berasal dari perusahaan China termasuk Hong Kong. 

Baca Juga: Antrean IPO Bernilai Jumbo Bertambah

“Pada tahun 2022, ketika dunia menghadapi inflasi dan ketegangan global, pusat volume IPO telah bergeser ke timur,” kata James Wang, co-head ECM di Goldman Sachs di Asia ex-Jepang.

"Situasi seperti ini tampaknya berkelanjutan untuk saat ini, mengingat beberapa IPO Hong Kong yang lebih besar akan berpotensi menguji pasar sebelum akhir tahun," tambahnya.

Di AS, yang menyumbang lebih dari setengah dari rekor IPO tahun lalu yang mencapai sekitar US$ 657 miliar, pasar tiba-tiba berhenti karena kekhawatiran inflasi dan volatilitas yang meningkat membuat valuasi tertekan dan membuat investor menghindari perusahaan dengan pertumbuhan tinggi yang biasanya mendominasi aktivitas IPO.

Kondisi pasar yang tidak bersahabat telah memaksa rencana IPO perusahaan publik yang sangat dinanti-nantikan seperti Mobileye NV dan Chobani Inc. untuk mundur atau dibatalkan secara langsung. Hanya ada penawaran US$1 miliar lebih di New York tahun ini.

"Kami memasuki jenis pasar di mana orang hanya mengatakan menyerah. Itu terjadi sekarang. Mereka adalah orang-orang yang sibuk dan ketika kami tidak mendengar kabar baik tentang IPO, Mereka mungkin tidak ingin bertarung di level dewan untuk memulai prosesnya," kata David Ethridge, kepala layanan IPO AS PwC.

Kesepakatan AS yang tertunda menambah kekosongan yang sudah dibuat oleh eksodus kandidat IPO China. Perusahaan dari China atau Hong Kong hanya mengumpulkan US$ 636 juta di New York, dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai hampir US$16 miliar.

Perlambatan IPO AS oleh perusahaan-perusahaan China mengikuti serangkaian delisting menyusul upaya Beijing dan Washington untuk mencapai kesepakatan yang akan memungkinkan regulator AS untuk memeriksa audit perusahaan-perusahaan China, jika gagal mereka berisiko dikeluarkan dari bursa AS.

Baca Juga: Bakal IPO, Valuasi Porsche Capai US$ 85 Miliar di September

Prospek penghapusan paksa, dan memburuknya hubungan China-AS, telah mendorong perusahaan-perusahaan China yang terdaftar di AS untuk mengumpulkan puluhan miliar dolar dalam beberapa tahun terakhir melalui apa yang disebut "penjualan saham yang kembali" di Hong Kong atau bursa daratan. Valuasi domestik yang lebih tinggi menjadi daya tarik lain bagi mereka.

“Pasar A-share agak kebal terhadap volatilitas global. Ini sebagian besar pasar domestik, dan sebagian besar didorong oleh dana domestik. Pasar A-share relatif stabil, dan masih dapat terus mencetak transaksi dibandingkan dengan volatilitas yang telah kita lihat di pasar global," kata Guo Zili, co-head of Asian equity capital market di UBS Group AG.

Tahun ini, beberapa perusahaan publik terbesar di Asia adalah yang dikeluarkan dari New York. China Mobile Ltd. dan CNOOC Ltd. menerima gabungan US$14 miliar dari penjualan saham Shanghai.

Ada juga tanda-tanda aktivitas di Hong Kong, yang melambat di babak pertama. Pembuat baterai China CALB Co. sedang mengevaluasi permintaan untuk penawaran umum perdana senilai US$2 miliar di kota tersebut, sementara pembuat mobil listrik Zhejiang Leapao Technology berusaha untuk mulai menerima pesanan dari investor untuk penawaran US$1 miliar minggu depan.

Bahkan dengan kesepakatan awal mengenai masalah audit di AS, arus masuk perusahaan China ke New York yang telah mengumpulkan US$122 miliar sejak awal abad ini akan kembali ke tingkat sebelumnya mengingat ketegangan dan tekanan yang terus meningkat.

"Emiten China sekarang memiliki lebih banyak pilihan ketika mereka membutuhkan pendanaan luar negeri," kata Jumandi, kepala perbankan global di UBS di China. 

"Selain pencatatan tradisional Hong Kong-AS, mereka dapat melakukan IPO A-share terlebih dahulu," katanya, setelah itu perusahaan dapat memanfaatkan bursa Eropa melalui hubungan saham antara China dan Eropa.

Faktanya, Eropa menjadi tempat listing yang lebih menarik bagi perusahaan China daripada AS. Perusahaan daratan di Eropa telah mengumpulkan sekitar $ 2,3 miliar tahun ini melalui hubungan ekuitas yang baru diperluas antara China dan bursa Jerman, Swiss dan Inggris, membantu menopang volume pencatatan yang mengerikan di benua itu.

Tentu saja, ada kesepakatan besar di Eropa yang dapat menggandakan hasil IPO senilai US$9,8 miliar saat ini dalam satu gerakan. Porsche AG dapat memulai penawaran setara pembuat mobil sport ikonik sebanyak 85 miliar euro (US$ 85 miliar) pada awal minggu depan, menurut Bloomberg.

American International Group Inc. mengumpulkan US$ 1,68 miliar minggu ini dalam IPO AS terbesar tahun ini setelah menetapkan harga sahamnya di bagian bawah kisaran pasar. Meskipun mengakhiri hari pertama perdagangannya di bawah harga IPO, hal itu diawasi ketat sebagai pertanda hari-hari yang lebih baik di masa depan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×