kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45736,44   -5,94   -0.80%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.24%
  • RD.CAMPURAN -0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Sah! Yoshihide Suga resmi menjadi PM Jepang menggantikan Shinzo Abe


Rabu, 16 September 2020 / 13:27 WIB
Sah! Yoshihide Suga resmi menjadi PM Jepang menggantikan Shinzo Abe
ILUSTRASI. PM Jepang yang baru Yoshihide Suga dan mantan PM Jepang Shinzo Abe. Eugene Hoshiko/Pool via REUTERS 

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Jepang resmi memiliki Perdana Menteri baru. Yoshihide Suga terpilih sebagai Perdana Menteri oleh majelis rendah parlemen Jepang pada hari Rabu (16/9/2020). Suga menjadi pemimpin baru pertama negara itu dalam hampir delapan tahun, saat ia menyiapkan "kabinet kontinuitas" yang diharapkan bisa mempertahankan sekitar setengah dari barisan pendahulunya, Shinzo Abe.

Reuters memberitakan, Suga, 71 tahun, merupakan tangan kanan Abe yang sudah lama malang melintang di dunia politik Jepang. Dia berjanji untuk mengejar banyak program Abe, termasuk strategi ekonomi "Abenomics" yang khas, dan terus maju dengan reformasi struktural, termasuk deregulasi dan perampingan birokrasi.

Abe, perdana menteri terlama di Jepang, mengundurkan diri karena kesehatan yang buruk setelah hampir delapan tahun menjabat. Suga bertugas di bawahnya dengan menjabat posisi penting sebagai sekretaris kabinet kepala.

Suga memenangkan 314 suara dari 462 yang diberikan oleh anggota majelis rendah parlemen. Majelis tersebut lebih diutamakan dalam memilih perdana menteri daripada majelis tinggi, yang juga diharapkan memilih Suga karena mayoritas blok yang berkuasa.

Baca Juga: Mengenal Yoshihide Suga, anak petani stroberi calon perdana menteri Jepang

Suga, yang memenangkan pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dengan telak pada hari Senin, menghadapi banyak tantangan, termasuk mengatasi Covid-19 sambil menghidupkan kembali ekonomi yang terpukul dan berurusan dengan masyarakat yang menua dengan cepat.

Dengan sedikit pengalaman diplomatik langsung, Suga juga harus mengatasi konfrontasi AS-China yang semakin intensif, membangun hubungan dengan pemenang pemilihan presiden AS 3 November dan mencoba untuk menjaga hubungan Jepang sendiri dengan Beijing pada jalurnya.

Baca Juga: Menang telak pemungutan suara, Yoshihide Suga jadi PM Jepang gantikan Shinzo Abe

Media domestik mengatakan bahwa kira-kira setengah dari kabinet baru adalah orang-orang dari kabinet Abe. Hanya akan ada dua wanita di kabinet tersebut. Adapun usia rata-rata mereka yang duduk di jajaran kabinet, termasuk Suga, adalah 60 tahun.



TERBARU

[X]
×