Saham HP Inc Melonjak 14,8% Pasca Perusahaan Warren Buffett Ungkap Kepemilikan Saham

Jumat, 08 April 2022 | 05:59 WIB Sumber: Reuters
Saham HP Inc Melonjak 14,8% Pasca Perusahaan Warren Buffett Ungkap Kepemilikan Saham

ILUSTRASI. Hewlett-Packard. REUTERS/Stephen Lam/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD SEARCH GLOBAL BUSINESS 21 AUG FOR ALL IMAGES


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Saham HP Inc melonjak ke rekor tertinggi pada Kamis (7/4) setelah Berkshire Hathaway Inc, perusahaan milik miliarder Warren Buffett mengatakan telah mengambil 11,4% saham dengan nilai sekitar US$ 4,2 miliar di perusahaan pembuat komputer dan printer tersebut.

Mengutip Reuters, Berkshire mengungkapkan dalam pengajuan peraturan Rabu malam bahwa ia memiliki hampir 121 juta saham HP, termasuk 11,1 juta yang dibeli minggu ini.

Saham HP ditutup naik US$ 5,15, atau 14,8%, pada US$ 40,06, setelah sebelumnya naik ke US$ 41,46.

Harga saham perusahaan sering naik ketika Berkshire mengungkapkan saham baru, yang dianggap sebagai stempel persetujuan dari Buffett.

Berkshire tidak secara teratur berinvestasi di perusahaan teknologi, meskipun mengakhiri tahun 2021 dengan kepemilikan $161,2 miliar di Apple Inc. Buffett menganggap pembuat iPhone lebih sebagai perusahaan konsumen yang bisa dia pahami.

"Berkshire Hathaway adalah salah satu investor paling dihormati di dunia dan kami menyambut mereka sebagai investor," kata HP dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Wall Street Bervariasi, Nasdaq Mulai Naik Setelah Tertekan di Awal Pekan

Dipisahkan pada tahun 2015 dari Hewlett-Packard sebelumnya, HP mendapat manfaat dari peningkatan permintaan karena orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan bersekolah di rumah.

Perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California bulan lalu setuju untuk membeli pembuat aksesoris audio dan video Poly, yang dulu dikenal sebagai Plantronics, seharga $1,7 miliar.

Buffett telah berjuang untuk menginvestasikan uang Berkshire, yang berjumlah $146,7 miliar pada akhir tahun, mengutip penilaian tinggi dan persaingan dari ekuitas swasta dan investor lainnya.

Tetapi pada bulan lalu, konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska mengatakan telah berkomitmen sekitar $22 miliar untuk investasi baru yang besar.

Ini termasuk 14,6% saham di Occidental Petroleum Corp dan pembelian perusahaan asuransi Alleghany Corp senilai $11,6 miliar, akuisisi terbesar Berkshire sejak 2016.

Berkshire juga memiliki lusinan bisnis termasuk asuransi mobil Geico dan kereta api BNSF.

Baca Juga: Berkshire Hathaway Membeli Saham HP Inc Senilai US$ 4,2 Miliar

Itu tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Analis Morningstar Mark Cash mengatakan HP mungkin menarik bagi Berkshire karena HP secara agresif mengembalikan modal kepada pemegang saham melalui pembelian kembali saham dan dividen yang lebih tinggi.

"HP beroperasi di pasar yang menantang untuk (tahan lama) tumbuh pada tingkat yang tinggi, jadi fokus pada margin dan pengembalian adalah cara terbaik untuk memberi penghargaan kepada pemegang saham," kata Cash. 

"Dalam teknologi, HP dapat dianggap sebagai permainan nilai."

Berkshire membeli kembali $ 27 miliar sahamnya sendiri pada tahun 2021.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru