Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Saham Hyundai Motor India anjlok hingga 6% saat debut pasar perdana pada Selasa (22/10), setelah respons yang kurang dari investor ritel terhadap harga penawaran umum perdana terbesar di negara itu.
Mengutip Reuters, Selasa (22/10), saham Hyundai Motor tercatat pada harga 1.934 rupee di Bursa Efek Nasional, di bawah harga penawarannya sebesar 1.960 rupee, dan diperdagangkan turun 4% pada harga 1.882,10 rupee pada pukul 05.48 GMT. Sehingga perusahaan tersebut memiliki valuasi sebesar 1,53 triliun rupee ($18,2 miliar).
Hyundai, produsen mobil nomor 2 di India dengan pangsa pasar sebesar 15%, menargetkan valuasi sebesar US$ 19 miliar melalui IPO.
Baca Juga: Investor Ritel India Menyambut IPO Hyundai Motor dengan Skeptis!
IPO senilai US$ 3,3 miliar yang memecahkan rekor mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) lebih dari dua kali lipat minggu lalu, sebagian besar dipimpin oleh investor institusional.
Tetapi kekhawatiran harga menghalangi investor ritel yang khawatir mereka tidak akan dapat memperoleh keuntungan dari pencatatan tersebut.
"Penerbitan saham Hyundai telah ditetapkan dengan harga yang sangat tinggi dan tampaknya hal itu juga membebani pencatatannya," kata Arun Kejriwal, pendiri Kejriwal Research.
"Selain itu, volume yang terlihat sejauh ini hanya didorong oleh investor institusional, dan agak buruk untuk IPO sebesar Hyundai."
Pencatatan saham pada hari Selasa di Mumbai adalah debut pertama Hyundai Motor di luar pasar asalnya, Korea Selatan, dan terjadi pada saat pasar ekuitas India meningkat tajam.
Dengan persaingan dari pesaing domestik Tata Motors dan Mahindra & Mahindra, Hyundai Motor berencana untuk menggunakan hasil dari penjualan sahamnya sebesar 17,5% di unit India untuk berinvestasi dalam penelitian dan meluncurkan produk baru.
"Hyundai Motor akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan jangka panjang Hyundai Motor India melalui kolaborasi kami dalam R&D, desain, manufaktur," kata CEO produsen mobil Korea itu, Jaehoon Chang, pada upacara pencatatan saham di Mumbai.
Baca Juga: Pekan Depan, 20 Perusahaan di Asia Pasifik Siap IPO Nilainya Capai US$ 8,3 miliar
Tujuh dari 10 IPO terbesar di India, termasuk Hyundai India, melaporkan kerugian harian yang berkisar antara 5% hingga 27%, menurut data dari Dealogic.
Meskipun valuasi pasar Hyundai jauh lebih kecil daripada pemimpin pasar India Maruti Suzuki yang mencapai $45 miliar, analis telah menyatakan kekhawatiran atas kesenjangan yang lebih sempit dalam rasio harga terhadap laba (P/E) mereka.
Penerbitan tersebut menilai Hyundai sebesar 26 kali lipat laba fiskal 2024, tidak jauh dari kelipatan 29 untuk Maruti.
Namun, beberapa pialang besar melihat nilai jangka panjang dalam saham tersebut.
Nomura memulai liputan Hyundai dengan peringkat beli dan target harga 2.472 rupee. Pialang tersebut mengatakan bahwa mereka menyukai konsentrasi SUV Hyundai yang tinggi dalam portofolio, yang menyumbang 67% penjualan pada kuartal April-Juni 2024.
Baca Juga: Hyundai Buka Pemesanan Santa Fe, Meluncur Pekan Depan
Demikian pula, analis Macquarie memulai liputan dengan peringkat kinerja lebih baik dan target harga 2.235 rupee, dengan mengatakan portofolio Hyundai yang berpusat pada SUV memiliki premi P/E.
"Kami akan memanfaatkan pemahaman mendalam kami tentang preferensi konsumen untuk berhasil memperluas portofolio kendaraan penumpang kami," kata kepala operasi Hyundai India Tarun Garg pada upacara pencatatan.
($1=84,0700 rupee India)